Disnakerintrans Bekerjasama Dengan Satlantas Kapuas Hulu Mengadakan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Roda Empat

Bidang Tenaga Kerja merupakan salah satu bidang teknis yang ada pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu. Menurut Kepala Disnakerintrans Drs. H.Iwan Setiawan, M.Si. bahwa Disnakerintrans juga mengusung dan mendukung visi dan misi Kepala Daerah Kabupaten Kapuas Hulu salah satunya adalah memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada sumber daya daerah yang berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan kualitas daya saing sumber daya manusia.

Selanjutnya Iwan mengatakan sasaran Disnakerintrans khususnya Bidang Tenaga Kerja adalah menurunnya pengangguran masyarakat dengan indikator sasaran yaitu tingkat pengangguran terbuka, yang mana dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bidang tenaga kerja mengacu pada program strategis nasional  dan program prioritas nasional. Mengingat wilayah Kabupaten Kapuas Hulu merupakan garda terdepan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia sehingga membuat bidang Tenaga Kerja harus mampu membuat program dan kegiatan yang dapat membangun masyarakat wilayah perbatasan pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu umumnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Disnakerintrans bekerjasama dengan Satlantas Polres Kapuas Hulu mengadakan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Roda Empat. Disnakerintrans sebagai pelaksana kegiatan tersebut dan Personil dari Satlantas menjadi narasumber dan instrukturnya serta  didampingi oleh 2 orang personil dari LPK Bela Masyarakat.

Pelatihan Mengemudi Kendaraan Roda Empat yang diselenggarakan oleh Bidang Tenaga Kerja diikuti oleh 35 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 28 orang dan perempuan berjumlah 7 orang dari beberapa kecamatan.  Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 2 sampai dengan 8 Maret 2020.  Praktek mengemudi tersebut dilakukan di halaman Hotel Uncak Kapuas Putussibau.  Dalam kegiatan pelatihan ini peserta selain dilatih mengemudi, mengenal rambu-rambu lalu lintas juga diberikan Surat Izin Mengemudi (SIM A) secara Cuma-Cuma. Adapun anggaran yang digunakan bersumber dari Dana APBD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2020 dan Pokok Pikiran Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Kapuas Hulu atas nama Fabianus Kasim.

Personil Satlantas Polres Kapuas Hulu sebagai instruktur memberikan materi tentang teori dan pengenalan komponen-komponen kendaraan, teori berkendara, mengenal rambu-rambu lalu lintas dan praktek mengemudi