KEGIATAN PEMBUKAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TENAGA KERJA PRODUKTIF TAHUN ANGGARAN 2020

Bidang Tenaga Kerja pada Disnakerintrans Kabupaten Kapuas Hulu menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif Tahun Anggaran 2020 di Aula Losmen Merpati Putussibau Senin 2/3/2020 .

Pelatihan tersebut berupa Pelatihan Keterampilan Mengemudi Kendaraan Roda Empat. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu Drs. H. Iwan Setiawan, M.Si. beserta Para Pejabat Esselon III, IV dan Staf Bidang Tenaga Kerja di Lingkungan Disnakerintrans, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Fabianus Kasim, Perwakilan dari Polres Kapuas Hulu, Perwakilan dari Kecamatan Putussibau Selatan, Sekretaris Desa Melapi dan Para Peserta.

  Drs. Subandi selaku Kepala Bidang sekaligus Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya mengatakan bahwa Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif ini bersumber dari Dana APBD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2020 dan Pokok Pikiran Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Kapuas Hulu. 

Subandi menginformasikan bahwa Peserta terdiri atas perwakilan dari sejumlah Kecamatan dan telah memiliki KTP Elektronik yakni termasuk dalam angkatan kerja. Jumlah peserta pelatihan yaitu 35 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 28 orang dan perempuan berjumlah 7 orang. Sedangkan instruktur dalam kegiatan ini adalah Anggota Satlantas Polres Kapuas Hulu berjumlah 10 orang dan waktu pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja produktif pada triwulan pertama dengan jumlah jam pelajaran adalah 123 JPL (jadwal bersifat tentatif), tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disnakerintrans Drs. H. Iwan Setiawan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kerja Produktif Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Bidang Tenaga Kerja sebagai urusan wajib pada Disnakerintrans Kabupaten Kapuas Hulu.

Iwan juga berharap dan berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai agar apa yang para Peserta harapkan dan cita-citakan dapat terwujud terutama menjadi calon tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan mampu bersaing. Selain itu, dengarkan apa yang disampaikan oleh narasumber ataupun instruktur terkait materi-materi pembelajaran sehingga para peserta lebih mudah memahami pada saat kegiatan praktik mengemudi kendaraan roda empat nantinya. 

Dalam era digital dan revolusi industri 4.0 sudah patut kita harus menyiapkan calon tenaga kerja yang mampu bersaing secara positif dengan dunia luar sehingga dalam upaya mencari dan mendapatkan suatu pekerjaan dapat dengan mudah sesuai kompetensi yang dimilikinya. Selain itu, menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia calon tenaga kerja merupakan langkah yang harus dilakukan agar calon tenaga kerja punya nilai jual tinggi dalam mendapatkan posisi jabatan dalam pekerjaan mereka nantinya. Memiliki keterampilan khusus merupakan sasaran dalam dunia kerja sekarang ini, sehingga setiap calon tenaga kerja tidak hanya mampu dalam hal kognitif berupa nilai tetap dalam ijasah tertentu namun juga harus memiliki kelebihan dalam unsur psikomotrik berupa keterampilan kerja, pungkasnya.