KUNJUNGAN KERJA KOMITE III DPD RI KE KAPUAS HULU

Dalam kunjungan kerja Komite III DPD RI ke Kapuas Hulu tampak para pejabat Kapuas Hulu menyambut kedatangan Delegasi Komite III DPD RI di Bandara Pangsuma diantaranya Bupati Kapuas Hulu (A.M Nasir, S.H), Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu (Kuswandi), dan Forkopimda lainnya serta Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Kedatangan rombongan DPD RI juga disambut dengan tarian khas suku melayu Kapuas Hulu (04/02/2020).

Setelah acara penyambutan selesai, rombongan langsung menuju Lanjak yang terletak di Kecamatan Batang Lupar untuk meninjau Lokasi Danau Sentarum sesuai dengan agenda yang telah di jadwalkan, kemudian rombongan melanjutkan peninjauan ke PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang terletak di Kecamatan Badau.

Sebelum rombongan bertolak dari putussibau, Bupati Kapuas Hulu dan DPRD Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan Ramah Tamah dengan Delegasi Komite III DPD RI di gedung DPRD Kapuas Hulu pada pukul 08.30 wib (05/02/2020).

Dalam Sambutan nya Bupati Kapuas Hulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada para anggota DPD RI yang telah berkenan berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu.  ‚ÄĚKami menyambut baik kunjungan Komite III DPD RI dengan harapan dapat mendorong percepatan pembangunan di Kapuas Hulu,” kata Bupati Kapuas Hulu.

Untuk saat ini di Kapuas Hulu tidak ada masyarakat yang terkena virus corona, tetapi penyakit masyarakat yang sering terjadi adalah diare,” katanya.

Terkait BPJS, menurut Nasir, masyarakat belum memahami manfaat asuransi kesehatan, kebanyakan baru mendaftar saat sakit, sedangkan kuota bantuan pemerintah dan Pemda terbatas, selain itu tempat pendaftaran tidak tersedia di semua kecamatan, bahkan pelayanan tidak sesuai dengan jumlah iuran.
Menanggapi apa yang disampaikan Bupati Kapuas Hulu, Wakil Ketua  Komite III DPD RI Evi Apita Maya, S.H, M.K.N mengharapkan pembenahan iuran BPJS, pelayanan, dan gaji pimpinannya yang tidak masuk akal.

” BPJS sekarang ini menjadi sorotan, baik dari sisi pelayanan maupun dari sisi penghasilan pegawai BPJS yang tidak masuk akal. Mengenai penjelasan bapak bupati terkait pendidikan dan kesehatan di Kapuas Hulu, akan kami sampaikan kepada menteri terkait saat rapat kerja di DPD RI, termasuk juga apa yang kami temukan selama kunjungan kerja ke Kapuas Hulu,” tutup evi.