Merdeka Belajar, Guru Harus Lebih Berinovasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu,  Petrus Kusnadi mengatakan ada perubahan dinamika dalam dunia pendidikan. Seiring dengan dilantiknya Mendikbud RI yang baru, ada program merdeka belajar yang lebih mengarahkan para guru agar lebih inovatif. “Jadi Kemendikbud saat ini lebih mengedepankan inovasi di dunia pendidikan,  guru yang mau berinovasi tidak perlu takut dikungkung aturan, ” ujar Kusnadi,  Senin (3/2/2020).

Kusnadi menjelaskan dunia pendidikan terus berkembang, para guru juga tidak bisa menutup diri dengan dunia luar. Perkembangan itu perlu dimanfaatkan agar memberi rangsangan kepada para siswa agar cepat tanggap dan memahami. “Mengacu ke kurilulum itu sudah pasti, tapi terkadang ada aturan-aturan yang menghambat guru-guru melakukan hal-hal inovatif yang memajukan sekolah, ” paparnya.

Hal ini yang sepertinya hendak di ubah oleh Kemendikbud. Agar guru lebih berkembang kapasitasnya lebih profesional,  sehingga dunia pendidikan lebih berkualitas. “Kita berharap program merdeka belajar ini dapat berjalan dengan baik,  sehingga para pelajar kedepannya lebih kompeten, ” tuntas Kusnadi. (yohanes)