Kajati Kalbar: Pengawalan Pembangunan Strategis Tetap Berlanjut

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat, Dr. Jaya Kesuma, SH, M.Hum mengadakan pertemuan dengan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu serta tokoh masyarakat setempat, di pendopo Bupati Kapuas Hulu, Rabu (22/1/20) malam. Dalam kesempatan itu Kajati Kalbar menegaskan pihaknya akan tetap mengawal pembangunan daerah yang bersifat strategis.

Kajati Kalbar, Dr. Jaya Kesuma, SH, M.Hum menuturkan, kunjungan dirinya ke Kapuas Hulu adalah kewajiban. Terutama untuk menyentuh jajaran di daerah. “Kita ingin betul-betul lihat kondisi lapangan, agar ke Pusat bisa disampaikan kondisi real,” tegasnya.

Jaya menuturkan sejak akhir 2018 lalu ada direktur D di Kejaksaan Agung. Direktur ini mengawal pembangunan stratgeis hingga hadir TP4D. “Bila di Kapuas Hulu ini tugas dan fungsi itu melekat di Asintel,” ujarnya. 

TP4D hadir secara ethok dan mengawal proyek sejak awal sehingga tidak menjadi persoalan kursial di akhir pekerjaan.

“Sekarang TP4D memang tidak ada lagi, tapi tusinya sudah melekat di kejaksaan. Kami selain penindakan, disemimbangkan dengan pencegahan artinya pembangunan tetap dikawal,” ucap Kajati Kalbar.

Jaya juga menegaskan dirinya tidak menutup diri dengan masyarakat. Apabila ada oknum kejaksaan yang merugikan, laporkan ke dirinya.

“Kejaksaan sudah bekerja dirumah kaca. Kelihatan dan semua pihak bisa melihat,” tuntasnya.

Sementara itu Bupati, AM Nasir menyambut baik atensi Kajati Kalbar. “Kami berharap pengarahan dalam berbagai hal, termasuk persoalan hukum dan lain. Dalam pembangunan sangat perlu pendampingan hukum,” ucapnya.

Utamanya pendampingan pada program-program strategis yang telah diprogramkan sesuai visi misi Kepala Daerah. “Kita tentu ada beberapa program pembangunan yang sangat prioritas, ini beberapa butuh pengawalan dari kejaksaan, sehingga implementasinya sesuai harapan,” tuntas Bupati. (yohanes)