MENUJU DESA MANDIRI, KINERJA PERANGKAT DESA NANGA SUHAID HARUS DITINGKATKAN

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Suhaid – Desa nanga suhaid adalah salah satu dari puluhan desa se kabupaten kapuas hulu yang dipersiapkan pemerintah menjadi desa mandiri.

” Desa kita adalah desa yang disiapkan pemerintah menjadi desa mandiri, dan kami sangat perlu dukungan semua pihak” Jelas Ekhsan, Kepala desa nanga suhaid dalam sambutannya pada musyawarah perencanaan pembangunan ( Musrenbang ) desa nanga suhaid beberapa waktu lalu digedung pertemuan desa nanga suhaid. Selasa (14/01/2020).

Secara umum Desa Mandiri dicirikan antara lain adalah Kemampuan desa mengurus dirinya sendiri dengan kekuatan yang dimilikinya. Pemerintah desa memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola pembangunan yang didukung oleh kemandirian dalam perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan (desa bisa merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan pembangunan dan pengawas hasil pembangunan untuk kesejahteraan warga desanya).

Adapun sasaran Desa Sejahtera Mandiri adalah membaiknya kinerja pembangunan di pedesaan, meningkatnya koordinasi antar-instansi terkait di semua level pemerintahan dalam pembangunan di pedesaan, meningkatnya kinerja perangkat desa, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan di pedesaan, serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga melalui pengembangan usaha produktif di pedesaan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) nanga suhaid, Aslimsyah, menjelaskan dalam pertemuan dengan masyarakat dusun kampung keraton pada jum’at malam bahwa berada pada level desa mandiri bearti dituntut peningkatan kinerja perangkat desa.

Mewujudkan Desa Mandiri adalah tujuan yang ingin dicapai oleh semua desa, khususnya desa nanga suhaid.

Hal serupa juga ditegaskan oleh pendamping desa, M. Bukhari bahwa peningkatakan kinerja perangkat desa adalah hal penting yang harus dicapai pada desa mandiri.

” Harus ditingkatkan lagi kinerja perangkat desa dalam persiapan desa mandiri.” Tuturnya.

Ada beberapa strategi mewujudkan desa mandiri, dikutip dari laman warta ekonomi, yaitu Keterlibatan aktif kaum muda di setiap proses pembangunan desa, Dukungan dan pengelolaan dana desa yang benar-benar transparan dan optimal, Desa harus memiliki peluang dan potensi usaha, Kepala desa harus memiliki figur yang mumpuni dan bertalenta, Desa didukung infrastruktur penunjang yang memadai, Pengelolaan bumdesa yang optimal dan bermanfaat bagi warga desa.