Pulau Sepandan Sajikan Keindahan Danau Sentarum

Pulau Sepandan di Desa Sepandan, Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah salah satu pulau kecil yang berada di Taman Nasional Danau Sentarum. Pulau ini menawarkan pemandangan yang luas akan keindahan danau yang ada di jantung pulau Kalimantan. Pulau Sepandan merupakan tempat stratgis bagi pengunjung yang ingin mengabadikan moment berfoto bersama keluarga, kerabat ataupun pasangan.

Salah seorang warga kota Putussibau kabupaten Kapuas Hulu, Wan Dayat mengatakan bahwa pemandangan di bukit yang ada di Pulau Sepandan memang sangat bagus. “Saya sempat melakukan berkunjung ke pulau Sepandan tanggal 12 Desember 2019 kemaren, lokasinya memang keren untuk foto-foto,” ujarnya, Minggu (15/12).

Wan Dayat menuturkan untuk mencapai lokasi tersebut, dari kota Putussibau ke kecamatan Batang Lupar butuk waktu sekitar 90 menit menggunakan akses darat. Sesampai di Batang Lupar, pengunjung bisa menghubungi BUMDes Kampung Baru di kecamatan tersebut.

“Nanti kita disediakan perahun speed boat 15 HP untuk berangkat ke Pulau Sepandan, satu perahu Rp 250 ribu. Dari dermaga ke lokasi pulau memakan waktu sekitar 15 menit dengan suguhan pemandangan danau Sentarum,” paparnya.

Saat tiba di pulau Sepandan, ada petugas taman nasional yang berjaga. Untuk tiket masuk pengunjung dikenakan Rp 15 – 25 ribu. Selanjutnya pengunjung tinggal menaiki bukit di pulau tersebut dan ada sekitar lima spot pemberhentian yang menyugukan pemandangan danau Sentarum dari sisi yang berda-beda.

“Ada sekitar empat atau lima tempat pemberhentian yang bisa kita manfaatkan untuk berfoto, masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda dan indah,” tuntasnya. (yohanes)