6 Kepala OPD Ikut Open Bidding Seleksi Sekda

Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu saat ini belum ditempati pejabat defenitif. Posisi jabatan Sekda tersebut masih dalam proses seleksi terbuka atau open bidding. Sejauh ini ada 6 nama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kapuas Hulu yang ikut seleksi tersebut.

Penjabat Sekda Kapuas Hulu, H. Sarbani, M.A.P membenarkan ada 6 kepala OPD Kapuas Hulu yang ikut open bidding tersebut. Sarbani menyebutkan adapun mereka yang mengikuti open bidding tersebut adalah Ana Mariana (Kepala DPUBMSDA), Petrus Kusnadi (Kadisdikbud), Istiwa (Kadiskominfo dan Statistik), Roni Januardi (Kadis Perikanan), Abang Chairul Saleh (Kadis Koprasi, Perdagangan dan UKM) dan M Zaini (Kepala Badan Keuangan Daerah). Keseluruhan pejabat eselon II ini telah memasuki tes tahap kedua untuk open bidding Sekda Kapuas Hulu. “Mereka ini sudah melewati tahap pertama yaitu tes makalah, selanjutnya mereka tahap dua lagi,” tegas Sarbani, Rabu (20/11).

Menurut Sarbani, ada empat tahap tes open bidding Sekda Kapuas Hulu. Khusus open bidding ini ada tim panitia seleksinya (Pansel). “Tim pansel itu dari Pemprov Kalbar, bukan kita disini,” ujarnya.

Terkait tahap seleksi selanjutnya, menurut Sarbani, pelaksanaanya tidak di Kapuas Hulu, melainkan kabupaten atau kota lain. “Pelaksanaan berikutnya kemungkinan di lokasi lain bukan di Kapuas Hulu. Sebab seleksinya itu bisa saja berupa program pembangunan sebagai pembanding,” tuturnya.

Dalam seleksi Sekda, kata Sarbani, tentu lebih berat dibandingkan seleksi jabatan Kepala OPD. Sebab posisi Sekda adalah pimpinan tertinggi ASN di daerah. “Seleksi Sekda memang berat karena posisi tersebut sangat penting dalam birokrasi pemerintahan, pemerintahan akan berat kedepannya kalau calon pimpinan dari seluruh OPD itu tidak memiliki kemampuan,” tuntas Sarbani. (yohanes)