KPU Kapuas Hulu Adakan Media Gathering

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu menggelar kegiatan media gathering dengan media cetak, elektronik dan online di cafe Rainbow, Jumat (1/11) pagi. Pada kegiatan itu KPU Kapuas Hulu memaparkan tentang persiapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupupati Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2019.

Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani menuturkan secara nasional KPU telah melauncing Pilbup serentak pada September lalu, itu berarti tahapan pelaksanaan sudah dimulai. “Kita di Kapuas Hulu adalah salah satu satker yang melaksanakannya. Ini agenda besar kita di 2020,” papar Ahmad Yani.

Beberapa waktu lalu, kata Yani, KPU dan Pemda Kapuas Hulu sudah tanda tangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). “Kami yang pertama di Kalbar, terkait penandatanganan NPHD,” ujarnya.

Terkait tahapan pelaksanaan Pilbup, kata Yani, pada 26 Oktober lalu sudah pihaknya umumkan syarat minimal untuk pencalonan lewat jalur perseorangan. “Masyarakat yang mau lewat jalur ini bisa dipersiapkan dan mengurus ke KPU,” ujarnya.

Saat ini daftar pemilih tetap Kapuas Hulu berjumlah 178935 pemilih. Bagi calon perseorang harus meraih 10 persen dari DPT, atau berjumlah 17894 pemilih. “Perolehan dukungan calon perseorangan minimal tersebar di 12 kecamatan di Kapuas Hulu,” ungkap Yani.

Kemudian, tambah Yani, pada tanggal 1 November 2019 ada dua hal yang diumukan KPU Kapuas Hulu. Pertama pendaftaran lembaga pemantau dan lembaga survey, jejak pendapat serta perhitungan cepat. Apabila ada lembaga mau mendaftar bisa ke KPU Kapuas Hulu. Untuk lembaga pemantau bisa daftar dari tanggal 1 November 2019 – 16 september 2020. Sedangkan lembaga survey, hitung cepat bisa daftar dari tanggal 1 November – 23 agustus 2020.

Berikutnya KPU juga mengadakan sayembara maskot Pilbup dan Wabup Kapuas Hulu 2020. Hasil sayembara akan dilauncing saat launcing Pilkada di Februari 2020. “Pendaftaran untuk ikut sayembara maskot tersebut dibuka 1 November – 15 November 2019. Harapan kita lewat maskot itu bisa isyaratkan bahwa pemilihan kepala daerah ini untuk menghadirkan pemimpin terbaik,” tuntas Yani. (yohanes)