Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kekuatan Terbesar

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI M Nur Rahmad mengadakan ramah tamah dengan Bupati Kapuas Hulu berserta Forkopimda, DPRD, Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat Kapuas Hulu. Kegiatan itu diadakan di rumah pendopo Bupati Kapuas Hulu, Rabu (30/10) malam.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI M Nur Rahmad menuturkan, dirinya mengapresiasi sambutan Bupati dan jajarannya. Terutama atas dukungan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 106. “TMMD adalah kemanunggalan TNI dan rakyat. Selama TNI bersama rakyat, itu kekuatan terbesar.

Pangdam menegaskan bahwa Kapuas Hulu akan diprioritaskan karena daerah perbatasan. “Kalau ada sasaran pembangunan kami siap membangun bersama Pemda,” ujarnya.

Dalam hal kekuatan angkatan darat, Pengdam menegaskan itu perlu dipersiapkan di kawasan perbatasan. Berbicara peningkatan kekuatan prajurit maka butuh dukungan daerah, terutama lahan untuk latihan tempur.

Lahan latihan ini penting untuk latih prajurit, untuk atasi gangguan dari luar. “Mohon Bupati juga dapat menyiapkan untuk lahan latihan itu, karena di Kalimatan ini latihannya juga ke Kapuas Hulu,” tuntas lulusan Akmil tahun 88 ini.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan, Kapuas Hulu ada 6 kecamatan lini satu, perbatasan RI-Malaysia. “Untuk keamanan butuh sinergitas TNI, Polri dan Pemda,” ujarnya.

Untuk TMMD, kata Bupati, Pemda selalu komitmen menganggarkannya. Bupati menilai TMMD sebagai salah satu upaya pembangunan yang menjangkau lokasi sulit infrastruktur. “Saya apresiasi TNI yang aktif ikut pembangunan daerah, lewat TMMD dan KBkes,” tuntas Bupati. (yohanes)