FDS ke-8 Resmi Ditutup Oleh Bupati Kapuas Hulu

Festival Danau Sentarum (FDS) KE-8 yang dipusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar,  Kabupaten Kapuas Hulu resmi ditutup oleh Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, S.H. Minggu malam (27/10/19).

FDS merupakan agenda event promosi wisata tahunan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 27 oktober 2019. FDS juga ditetepkan sebagai 100 calender event Wonderful Indonesia Tahun 2019 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dalam sambutannya A.M. Nasir, S.H mengatakan Untuk mewujudkan tujuan penyelenggaraan kepariwisataan, selain melakukan promosi wisata, menyediakan produk yang diinginkan oleh wisatawan juga perlu menyiapkan SDM pariwisata yang terampil serta tersedianya sarana dan prasarana yang baik dan memadai. “Hal ini Untuk mewujudkan peningkatan kunjungan wisatawan dan investasi pariwisata di Kabupaten Kapuas Hulu”.

Bupati berharap FDS dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat menghidupkan daerah perbatasan agar lebih maju dan sejahtera.

“Danau sentraum memiliki potensi alam, flora dan fauna serta lingkungan yang cukup lestari. Untuk itu kita perlu melestarikan dan mengembangkan atmosfir ekowisata dicagar biosfer betung Kerihun Danau Sentarum”.

Bupati Kapuas Hulu juga menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementerian Pariwisata, Panitia Penyelenggara, Camat Batang Lupar, Balai Besar TNBKDS serta semua pihak yang sudah mendukung dan mensukseskan terselenggaranya FDS tahun 2019.

Kegiatan FDS tidak hanya berlangsung meriah, namun juga khas dan menarik, yang menampilkan kreatifitas anak bangsa dan inovasi para pecinta seni dan budaya Kapuas Hulu. Berbagai pertunjukan berupa tari, menyanyi, atraksi, musik etnik tradisional, olahraga tradisional masyarakat, karnaval budaya, pameran produk unggulan, cerita rakyat, maupun display adat istiadat Kapuas Hulu menjadi daya tarik dalam penyelenggaraan FDS tahun 2019.

Penutupan FDS dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Pimpinan OPD, Balai Besar TNBKDS, NGO dan tokoh Masyarakat.

Diakhir penutupan FDS masyarakat dan pengunjung dihibur oleh penampilan pentas musik etnik sape, tarian tradisional khas Kapuas Hulu dan dimeriahkan oleh artis ibu kota Iva Lola.