Festival Budaya Kaya’an Mendalam Dimeriahkan Tarian Kolosal

Festival Budaya Kaya’an Mendalam resmi dibuka di desa Datah Diaan, kecamatan Putussibau Utara, Rabu (23/10). Kegiatan berlangsung meriah dengan penampilan tarian kolosal 200 orang berpakaian adat.

Ketua Panitia Kegiatan Festival Budaya Kaya’an Mendalam, Yosef Lasah mengatakan, tema kegiatan tersebut adalah seni dan budaya Kaya’an Mendalam gerbang pariwisata budaya daerah. “Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari. Kegiatan festival Kayaan Mendalam sudah dua tahun berturut-turut diadakan,” ujarnya.

Tumenggung Kaya’an Mendalam, Yosef Yusuf menuturkan, festival Kaya’an Mendalam ini penting untuk tidak menghilangkan budaya. Budaya sudah hidup dan tumbuh bersama masyarakat. “Kami harap seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan serta jaga ketertiban selama pelaksanaanya,” tegas Yusuf.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menuturkan, kebudaya merupakan asal usul setiap individu. Untuk itu dalam kehidupan berbangsa harus menghargai budaya.

“Kaya’an sudah konsisten mencintai budayanya. Kami sambut baik kegiatan ini,” ucap Kusnadi.

Menurut Kusnadi, kegiatan festival budaya Kaya’an adalah wujud nyata masyarakat mendukung pembangunan kebudayaan di Kapuas Hulu.

“Kami lihat anak-anak aktif terlibat di kegiatan ini. Ini penting untuk pelestarian budaya kedepan, kita berharap kegiatan seperti ini terus di galakkan masyarakat adat di Kapuas Hulu,” tuntasnya. (yohanes)