Pemda Kapuas Hulu Mantapkan Persiapan FDS 2019

Pemerintah Daerah Kapuas Hulu bersama instansi vertikal dan NGO mengadakan rapat di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kapuas Hulu, Pukul 14.00 wib, Jumat (11/10). Rapat yang dibuka Plh. Sekda Kapuas Hulu, H. Bung Tomo, S.Hut. M.M membahas tentang pemantapan persiapan pelaksanaan Festival Danau Sentarum (FDS) 2019.

Plt Kadisporapar Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, M.Si menuturkan bahwa kegiatan tersebut adalah rapat kedua dalam persiapan pelaksanaan FDS 2019. “Rapat pertama belum ada Surat Keputudan (SK) panitia. Sekarang sudah ada SKnya dari Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH,” ucap Kusnadi.

Pada FDS ini ada kegiatan Kementerian Parisata. Kegiatan dijadwalkan dari tanggal 25 hingga 27 Oktober 2019. “Tanggal ini sudah fix, anggaran harus segera bidang terkait siapkan. Kita berharap kondisi alam mendukung,” ucap Kusnadi.

Kabid Pariwisata Disporapar Kapuas Hulu, Agus P, menuturkan bawa Kapuas Hulu memiliki hampir 200 lokasi wisata, Danau Sentarum adalah salah satunya. “Danau Sentarum kita urutan 33 di kalender pariwisata wonderful Indonesia,” ujarnya.

Pada FDS 2019 di Kapuas Hulu ada 12 even. Kegiatan dilaksanakan di dua lokasi yaitu Landjak dan Putussibau. “Kontes arwana beberapa waktu lalu adalah salah satu bagian FDS 2019 yang diadakan di Putussibau,” ucapnya.

Agus menuturkan bahwa FDS turut menyedot jumlah wisatawan. “Pada akhir Desember 2018 lalu, jumlah wisatawan berjumlah 19.907 orang, data ini berasal dari PLBN dan taman nasional,” tuntasnya.

Plh Sekda Kapuas Hulu, H. Bung Tomo, M.M, menuturkan FDS sudah diadakan kesekian kalinya, tentu perlu penyempurnaan agar kegiatan lancar dan baik. FDS ini melibatkan unsur pemda,NGO,instansi vertikal harus kerjasama. “Koordinasi dan kerjasama adalah yang terpenting dalam pelaksanaan kegiatan ini, agar bisa sukses,” ucapnya.

Plh Sekda menambahkan, perlu langkah antisipasi terkait kondisi danau. Saat ini danau tersebut sudah mulai terisi, semoga danau segera penuh.

“Seksi acara perannya vital. Seksi ini harus diisi dengan personil yang aktif bergerak serta selalu berkoordinasi. Siapkan langkah antisipasi,” tegasnya.

Plh Sekda juga mengingatkan agar panitia kegiatan memastikan fasilitas bagi tamu vip dan luar daerah. Kemudian memastikan dukungan peralatan serta keselamatan, sehingga kegiatan berjalan dengan baik tanpa ada insiden.

“Perhatikan suplayer listrik, pelengkapan seperti sound. Fasilitas pada pejabat vip serta pengunjung luar, seperti dari Malaysia. Kemudian sisi kuliner yang disajikan harus diarahkan agar mengedepankan kualitas dan kebersihan,” tuntas Plh Sekda.

Rapat kedua persiapan FDS 2019 ini melibatkan Forkopimda Kapuas Hulu, Muspika Lanjak dan Badau, Pamtas RI-Malaysia serta pihak PLBN Badau. (yohanes)