Puskesmas Pengkadan Lakukan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMPN 03 Satu Atap

Menjaga kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting, terutama pada remaja. Sebab, masa remaja adalah waktu terbaik untuk membangun kebiasaan baik menjaga kebersihan, yang bisa menjadi aset dalam jangka panjang.

Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga reproduksi kepada masyarakat, terutama bagi para remaja, Sabtu (14/9/2019) Puskesmas Kecamatan Pengkadan melakukan kunjungan ke SMP Negeri 03 Satu Atap Kecamatan  Pengkadan.

Cawa Mahyuniarti, salah seorang petugas Puskesmas Pengakadan sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi Sosialisasi Kesehatan Reproduksi. Ia memaparkan tentang perlunya Remaja Putri menjaga kebersihan reproduksi, apalagi usia pelajar tingkat SMP yang sedang memasuki fase remaja menjelang dewasa.

“Khususnya siswa/siswi SMPN 03 Satu Atap Kecamatan  Pengkadan berada di usia peralihan dari anak ke remaja dan dari remaja menuju wanita dewasa,” ungkap Mahyuniarti.

Selain itu juga Mahyuniarti menekankan kepada para siswa-siswi untuk menjauhi pergaulan bebas, karena kata Mahyuniarti, pergaulan bebas dapat menularkan penyakit yang berefek negatif pada kesehatan organ repoduksi wanita.

Menanggapi sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja tersebut Minarti selaku Kepala SMPN 03 Satu Atap Kecamatan  Pengkadan  mengapresiasi dan mengingatkan para siswi Remaja Putri di sekolahnya akan pentingnya menjaga kesehatan diri, khususnya kesehatan organ reproduksi.

“Jangan sampai terperangkap pergaulan bebas karena dapat menimbulkan PMS (Penyakit Menular Seksual) yang dapat merusak alat reproduksi wanita dan fungsinya,” pesan Kepala SMP Negeri 03 Satu Atap Kecamatan Pengkadan ini.