Puskesmas Batang Lupar Gelar Sikat Gigi Masal Untuk Pelajar

Kesadaran dalam menjaga kesehetan gigi dan mulut penting ditanamankan sejak dini kepada anak – anak. Hal inilah yang dilakukan pihak Puskesmas Kecamatan Batang Lupar terhadap para pelajar di SD Negeri II Batang Lupar, pegawai Puskesmas setempat mengedukasi siswa agar para siswa mulai sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, dengan menggelar sikat gigi massal di SDN II, Sabtu (14/9/2019).

“Kegiatan ini kami lakukan guna untuk mengajarkan kepada siswa sekolah dasar (SD), bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar itu,” ungkap Martinus Husin Kepala Puskesmas Batang Lupar.

Martinus mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin tahunan pihaknya. Sedangkan yang menjadi sasarannya yaitu, murid SD yang mencakup wilayah kerja Puskesmas Batang Lupar.

“Karena menurut penelitian gigi, murid baru SD ini paling banyak rentan menderita karies atau lubang gigi. Jadi dengan adanya penyuluhan seperti ini, semoga bisa mengurangi gigi berlubang dan untuk menumbuhkan serta menanamkan kebiasaan baik kepada anak – anak  sejak dini,” ujarnya.

Lebih lanjut Martinus menyampaikan, kegiatan ini merupakan edukasi tentang kesehatan gigi oleh dokter gigi serta terapis gigi dan mulut. “Mereka diajarkan bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar,” kata dia.

Dengan adanya acara ini kata Martinus, diharapkan setiap sekolah dapat melaksanakan kegiatan serupa kepada semua siswa dengan sikat gigi masal ini, sekurangnya satu kali seminggu. Kemudian kepada orangtua siswa Marinus berpesan untuk bisa melanjutkannya di rumah.