Sambut Jemaah Haji Plus Pertama di Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Setiap umat Muslim seluruh dunia yang merasa sudah mampu tentu memiliki keinginan untuk melaksanakan rukun Islam ke 5 dengan melaksanakan ibadah haji. Banyaknya peminat untuk berangkat haji per tahunnya menjadikan antrian untuk berangkat haji menjadi lebih lama, bahkan terkadang perlu menunggu hingga bertahun – tahun. Maka sebagian orang akan memilih menggunakan haji plus.

Haji plus pertama dari kecamatan suhaid tiba di masjid jami Al Muttaqien suhaid. senin (19/08/19). Haji Plus tersebut adalah sepasang suami istri yang berasal dari desa Tanjung Kecamatan Suhaid.

Jelas terlihat kebahagiaan yang luar biasa yang terpancar dari wajah pasangan tersebut, hal itu tentunya menunjukkan betapa bersyukurnya atas nikmat yang Allah swt berikan kepada mereka karena telah melaksanakan rukun islam ke 5. Selain itu juga, sanak saudara, tetangga, kerabat serta kaum muslimin lainnya ikut serta menyambut kedatangan jamaah haji plus tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Suhaid Rusno Tiyanto mengatakan bahwa haji adalah panggilan Allah SWT. “Haji adalah panggilan Allah swt, mudah-mudahan kita semua dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadh haji”. kata Rusno.

Rusno menambahkan, “pakaian ihram yang digunakan pada pelaksanaan ibadah haji, merupakan gambaran bahwa kelak ketika kita meninggal dunia hanya menggunakan kain putih”.

Tentang haji, program haji reguler umumnya memiliki jangka waktu tunggu antrian yang lebih lama, sekitar 5 – 15 tahun. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah calon jamaah haji yang mendaftarkan diri di masing – masing daerah. Sementara untuk antrian haji plus, relatif lebih singkat, yaitu sekitar 1 sampai 5 tahun waktu tunggunya. Bagi calon jamaah haji yang sudah berumur tua atau yang kurang menghendaki menunggu dalam waktu yang lama untuk penjadwalan berangkat haji, biasanya lebih memilih untuk berangkat haji dengan program haji plus, tentunya dengan dukungan kemampuan biayanya.

Semoga kita semua diberikan Allah SWT kesempatan untuk menunaikan ibadah haji dan menjadi haji yang mabrur, terlebih jika kita memiliki kemampuan khususnya finansial sehingga kita bisa memilih program haji plus.