Ajak Warga Kapuas Hulu Aktif di Pilkada 2020

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Barat yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2020. Sebab itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) provinsi Kalimantan Barat menghimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu untuk aktif pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Alexander Rambonang mengatakan untuk Kalimantan Barat ada 6 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada di 2020, salah satunya Kapuas Hulu. Hal ini perlu diperhatikan bersama bagi setiap warga yang telah memiliki hak pilih di Bumi Uncak Kapuas.

“Jangan sampai kita memilih golput, terutama pelajar yang nantinya jadi pemilih pemula,” tegas Alexander, saat ditemui di Putussibau, belum lama ini.

Hak memilih, kata Alxander, harus dimanfaatkan dengan baik, sebab menentukan arah masa depan pembangunan daerah selama lima tahun kedepan. “Kita yang sudah dapat hak dari negara untuk menentukan pemimpin, hak itu sama, satu orang satu suara. Kalau tidak kita manfaatkan untuk ikut pesta demokrasi, sama saja kita abaikan hak sebagai warga negara,” tuturnya.

Alexander menilai, perpolitikan saat ini sudah ke arah mengabaikan norma, sehingga nilai demokrasi jadi menghatirkan. Ada yang menggunakan politik uang, hoax dan lainnya. Hal ini jangan sampai membuat masyarakat Kapuas Hulu tergoda. “Politik santun harus diterapkan,” tegasnya.

Disamping itu, Alxander juga berpesan kepada kaum muda yang nantinya menjadi pemilih pemula, agar mempelajari politik yang sehat. “Pelajar dan kaum muda, kalian juga harus mempelajari politik beretika. Agar kedepan bisa menjalankan demokrasi ini secara utuh,” tuntas Alexander Rambonang. (yohanes)