Warga Mentebah Hilang Tenggelam Saat Cari Gaharu di Perbatasan Malaysia

Facebook
Twitter
LinkedIn

Nopensius (25) warga Desa Tekalong Kecamatan Mentebah dikabarkan menghilang karena tenggelam di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sibau Dusun Potan Desa Tanjung Lasa Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (20/09/2022) sekitar pukul 07.00 WIB.

Gunawan Kepala BPBD Kapuas Hulu menyampaikan bahwa sekitar pertengahan bulan Agustus 2022 korban mencari gaharu bersama lima rekannya yakni Ulah, Mahadi, Kincau, Agus dan Uju.

“Korban bersama lima rekannya berangkat ke Hutan DAS Sungai Sibau Dusun Nanga Potan Desa Tanjung Lasa untuk mencari Kayu Gaharu dengan menggunakan satu unit speed 15 PK yang diantar oleh seorang warga Desa Tanjung Lasa” katanya Gunawan pada Rabu (21/09/2022).

Gunawan menjelaskan setibanya di hutan pesisir Sungai DAS Sibau, korban bersama lima orang rekannya turun dan melakukan perjalanan menuju lokasi kayu gaharu yang berada di hutan wilayah perbatasan Malaysia.

“Dalam perjalanan selama dua minggu korban jatuh sakit (sesak napas), sehingga rencana dibatalkan. Lalu membawa korban yang sedang sakit kembali pulang. Setelah dua minggu perjalanan kembali pulang sampailah ke pinggiran sungai DAS Sibau dan tidak ada kendaraan kemudian membuat dua buah rakit,” jelasnya.

Gunawan juga mengatakan rakit pertama ditumpangi oleh Kincau, Agus dan Uju. Sedangkan rakit kedua ditumpangi oleh korban, Ulah dan Mahadi. Setibanya di Hulu Nanga Potan, Hilir Batu Tiga Sungai DAS Sibau, rakit yang ditumpangi oleh korban bersama dua rekannya menabrak batang kayu. Rakit terbalik dan korban bersama dua rekannya terlempar di sungai.

“Dikarenakan arus sungai deras penumpang rakit hanya bisa menyelamatkan diri masing-masing, kecuali korban tidak terlihat yang diduga tenggelam terbawa arus” pungkas Gunawan.

Sementara pencarian korban dihentikan dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan mengingat arus sungai yang cukup deras dan keruh.

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy