Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Jadi Narasumber FGD Kajian Kebijakan Strategis Adat Istiadat

Facebook
Twitter
LinkedIn

Adat istiadat adalah kebiasaan yang dilakukan orang dalam waktu lama. Kemudian kebiasaan tersebut dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar. Indonesia memiliki adat istiadat yang beragam karena penduduknya heterogen.

Masyarakat heterogen ini memiliki budaya, tradisi, dan kebiasaan yang berbeda di setiap daerah. Norma, nilai dan tradisi masyarakat Indonesia masih berlaku hingga saat ini.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen untuk melestarian budaya dan adat istiadat khususnya adat istiadat dan budaya Dayak Taman.

Sebagai Contoh tradisi Gawai Dayak Raa Lamba’ Lalo yang telah dilaksanakan pada tanggal 27-28 Juni 2022 di Ariung Mendalam Kabupaten Kapuas Hulu, Gawai ini Merupakan Upacara adat turun temurun masyarakat Dayak Taman sebagai bentuk penghormatan tertinggi kepada lelulur yang telah meninggal dunia.

Ambrosius Sadau, S.H., M.Si., selaku Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu merupakan putra asli suku Dayak taman dan sebagai pemerhati budaya menyampaikan bahwa upacara adat Gawai Raa Lamba’k Lalo ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan tertinggi kepada orang-tua yang telah meninggal dunia agar mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan di surga. Ambrosius juga menyampaikan bahwa perlu diadakan kebijakan mengenai adat-istiadat terutama tradisi turun temurun seperti gawai raa lamba’k lalo ini agar terjaga kelestariannya.

Terkait hal tersebut Proses pengambilan kebijakan dan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat memerlukan dukungan kajian kebijakan. Hal ini dimaksudkan agar kebijakan yang diambil dapat secara efektif menjawab permasalahan yang ada dalam dinamika lingkungan strategis yang dihadapi baik internal maupun eksternal. Dengan latar belakang tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat memfasilitasi melalui skema Kajian Kebijakan Strategis (KKS).

Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu sebagai pemerhati budaya Dayak Taman menjadi narasumber dalam kegiatan Forum Group Discussion Kajian Kebijakan strategis adat istiadat di Pontianak pada Selasa (6/09/2022).

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy