Maksimalkan Pendataan dan Layanan Kesehatan Korban Banjir

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berusaha untuk memperoleh data yang akurat terkait korban banjir. Hal ini untuk memastikan bantuan bisa diberikan kepada seluruh korban banjir.

Begitu juga terkait dengan ketersediaan layanan atau posko kesehatan, guna melayani korban banjir yang sakit.

Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini mengatakan bahwa pihaknya telah meminta agar pemerintah kecamatan dan desa mengupdate data-data penerima bantuan. Hal ini agar semua yang terdampak banjir bisa terdata sehingga bisa dilakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam penyaluran bantuan. “Jangan sampai ada permasalahan kemudian hari, misalkan ada yang doble menerimanya sementara ada yang terdampak tapi tidak dapat, ini yg tidak kita inginkan,” ujar Sekda.

Sekda menegaskan agar Pemerintah Kecamatan aktif membantu penanganan korban banjir di masing-masing kecamatan. Kemudian pasca banjir tentu ada dampak bagi kesehatan masyarakat. “Maka dari pimpinan juga sudah mengarahkan agar Dinas Kesehatan bergerak membantu masyarakat yang sakit pasca banjir,” ungkap Sekda.

Dalam rangka antisipasi kejadian banjir, kata Sekda, tentu pihak OPD teknis yang terkait, khususnya BPBD membutuhkan dukungan sarana dan pra sarana. Hal sudah disampaikan kepada Kepala OPD yang bersangkutan untuk membuat usulan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk penganggaran hal-hal yang dibutuhkan.

“Sebab kalau dari daerah anggaran sangat terbatas terutama untuk penanganan Covid-19. Maka dari itu dukungan dari Pusat dan Provinsi sangat diharapkan, maka kemaren sudah diarahkan untuk membuat usulan kesana,” tuntas Sekda. (Yohanes)