Gubernur Kalbar Salurkan Bantuan Presiden ke Kapuas Hulu

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji mengatakan bantuan yang ia salurkan kali ini adalah bantuan dari Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo. Awalnya hanya bantuan itu untuk Sintang, namun Gubernur menegaskan bahwa dirinya sudah sampaikan ke Sekneg bahwa bukan cuma Sintang yang banjir di Kalbar. Akan tetapi ada kabuapten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau dan Sanggau. “Jadi kita ditambah 20.000 dan sebagian dialokasikan ke Kapuas Hulu,” tutur Sutarmidji.

Bantuan yang disalurkan adalah 4000 paket sembako dari Presiden, sedangkan dari Pemprov Kalbar berupa dua truck bantuan pangan. Dari Pemda Prov Kalbar, kata Gubernur Kalbar masih ada persediaan untuk bantuan. Bantuan tersebut bisa disalurkan ke Kapuas Hulu. “Kalau misal masih membutuhkan dan ada kondisi darurat di sini, Bupati bisa sampaikan ke kami,” ujar Sutarmidji.

Gubernur menambahkan dirinya juga sudah berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan stok gas aman di kecamatan Silat Hilir. Pasalnya ada laporan gas minim stok. “Tadi juga ada laporan camat bahwa LPG kurang, saya sudah minta pertamina lakukan oprasi pasar. Besok mereka akan lakukan itu,” ucapnya.

Kemudian terkait yang disampaikan Bupati Kapuas Hulu tadi tentang 7 jembatan, kata Sutarmidji itu akan pihaknya upayakan pembangunan di tahun 2022. Jembatan kayu akan diganti jembatan belly.

“Kalau belly saat banjir jembatan masih bisa di lalui,” ujar Gubernur.

Terkait antisipasi banjir kedepan, kata Gubernur, selain pembangunan infrastruktur pendukung, ada juga program penghijauan kembali dari Pemerintah Pusat. Dari Kementerian Lingkungan Hidup akan datang ke Kalbar. “Maka akan kita dengan bagaimana programnya,” ujar Sutarmidji.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengapresiasi bantuan dari Gubernur Kalbar dan juga Presiden untuk masyarakat di Kapuas Hulu. Sudah banyak bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat dan Provinsi ke Pemda Kapuas Hulu dan masyarkat korban banjir. “Bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Kapuas Hulu, terutama yang menjadi korban banjir.”

Selain terkait bantuan banjir, Bupati mengaku senang karena Gubernur Kalbar telah menegaskan berbagai program pembangunan untuk Kapuas Hulu, mulai dari jembatan, sekolah dan pembangunan lainnya. Pembangunan tersebut sangat-sangat dibutuhkan masyarakat di Kapuas Hulu. (Yohanes)