Puskesmas Putussibau Selatan Laksanakan Pelayanan Dacil ke Desa Bungan Jaya

Puskesmas Putussibau Selatan terus membuka akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil.

Pada 19 Feberuari 2021, pelayanan kesehatan yang dipimpin langsung oleh dr. Dasmiati Olfah Kepala Puskesmas Putussibau Selatan menuju salah satu daerah sasaran di perhuluan sungai Kapuas, tepatnya di Desa Bungan Jaya Kecamatan Putussibau Selatan.

Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah mengatakan, pelayanan kesehatan yang diberikan mencakup IKL dan STBM, Pengobatan Masyarakat program JKN.

“Kemudian melakukan kontak Tracing TB paru beserta screaning Ibu Hamil, Kunjungan Rumah Lansia yang tidak datang Ke posyandu Bulanan, Kunjungan ibu Hamil ,Pelayanan KB dan SDIDTK Bayi dan Balita,” papar Kepala Puskesmas.

Menuju Desa Bungan Jaya, Kepala Puskesmas beserta staf menggunakan jalur transportasi sungai, dengan jarak tempuh 4 jam perjalanan.

Dikatakan dr. Olfah, pelayanan kesehatan yang diberikan itu disambut antusias masyarakat Desa Bungan Jaya.

“Karena nereka merasa walau mereka di daerah ujung hulu air Kapuas, mereka masih bisa merasakan pelayanan kesehatan yang sama melalui program” pelayanan Dacil (Daerah Terpencil) Tahaunan Puskesmas Putussibau Selatan,” ucap Olfah.

Atas pelayanan yang diberikan, masyarakat merasa senang dan berterima kasih kepada Puskesmas Putussibau Selatan yang aktif dan rutin melaksanakan pelayanan ke daerah perhuluan sungai Kapuas, kendati harus melewati transportasi sungai dengan medan yang cukup menantang dan ekstrim.

“Masyarakat senang, karena pelayanan yang diberikan selalu dihadiri oleh dokter bahkan saya sendiri selaku Kepala Pukesmas turun langsung melayani masyarakat,” tuntasnya.