Vaksin Untuk Kapuas Hulu Datang Februari

Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu hingga hari ini masih menunggu kedatangan vaksin sinovac. Namun diperkirakan bulan Februari 2021 vaksin tersebut akan tiba di Kabupaten Kapuas Hulu. 

“Diperkirakan bulan Februari vaksin Sinovac tiba, karena Kapuas Hulu untuk tahap pertama ini belum menjadi Kabupaten prioritas untuk divaksinasi,” kata Ade Hermanto Kabid Kesmas, Dinkes Kapuas Hulu. 

Ade menjelaskan, di Kalbar hanya ada tiga Kabupaten yang menjadi prioritas vaksinasi tahap pertama ini yakni Kota Pontianak, Kubu Raya dan Mempawah. 

“Untuk kuota vaksin yang didistribusikan di Kapuas Hulu tahap pertama ini sebanyak 420 vial,” ujarnya. 

Lanjut Ade, dimana untuk 210 tenaga kesehatan tersebut akan mendapatkan dua kali vaksin/ vial.

“Untuk pendistribusian vaksin ke Kapuas Hulu belum ada jadwal pastinya,” ujarnya. 

Sementara itu Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini mengimbau kepada tenaga kesehatan maupun masyarakat agar mengikuti aturan pemerintah supaya mereka tetap divaksin. 

“Karena vaksin ini untuk menjagan imun tubuh kita. Akibat adanya berita hoax terkait vaksin ini membuat masyarakat ketakutan dan menolak untuk divaksin,” katanya.  

Padahal kata Sekda, penggunaan vaksin ini sudah disampaikan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa penggunaan vaksin ini aman dan halal. 

“Kalau saya sih siap untuk divaksin. Kalau masyarakat yang menolak untuk divaksin sendiri memang belum ada sanksinya, tetapi inikan untuk menjaga kekebalan tubuh kita,” ucapnya.

Untuk kedatangan vaksin ke Kapuas Hulu, Zaini mendapatkan informasi bahwa hari ini sudah didistribusikan ke Kabupaten. Namun dirinya belum mendapatkan informasi dari Dinkes Kapuas Hulu.