Puskesmas Empanang Laksanakan Imunisasi Rutin di Desa Kumang Jaya

Pelayanan imunisasi rutin Puskesmas Empanang dilaksanakan di Desa Kumang Jaya, Senin (11/1/2020). Dimana sebelumnya beberapa desa sudah dilaksanakan pelayanan imunisasi rutin tersebut.

Kepala Puskesmas Empanang menyampaikan, pelayanan imunisasi rutin itu untuk mencegah bayi dan balita dari penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3I).

“Maka petugas kesehatan datang mengunjungi posyandu sesuai dengan jadwal posyandu setiap bulan. Imunisasi lansung diberikan kepada sasaran bayi dan balita sesuai dengan jadwal imunisasi saat ini,” kata Kepala Puskesmas Empanang.

Kegiatan dilaksanakan oleh Uswatun dan Simbah di Posyandu Desa Kumang Jaya. Dengan hasil sebagai berikut, Bcg / P1 : 1 anak, Dpt 1 /P2 : 1 anak

Dpt 2 / P3 : 3 anak, Dpt 3 / P4 : 1 anak

Campak : 1 anak, Dpt lanjutan : 2 anak dan Campak Lanjutan : 2 anak

“Untuk anak yang tidak bisa datang, kita lakukan sweeping bayi. Sehingga mereka juga mendapatkan pelayanan imunisasi sesuai dengan jenis imunisasi yang diberikan,” kata Kepala Puskesmas.

Sebagaimana diketahui, yang disebut dengan PD3I adalah penyakit-penyakit yang sudah tersedia vaksinnya untuk upaya pencegahannya. Vaksin tersebut apabila diberikan kepada sasaran akan memberikan perlindungan, baik sebagian maupun secara keseluruhan kepada sasaran tersebut.