Serap Pemberdayaan, BPD Nanga Suhaid Bidik Budidaya Ikan Air Tawar

Laporan KIM Entugan Hulu
Agus Marwan

Informasi Suhaid. Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa nanga suhaid, BPD desa nanga suhaid membidik sasaran budidaya ikan air tawar sebagai alat penunjangnya.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 21 desember 2020, Hartawansyah selaku anggota BPD desa nanga suhaid, bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melakukan terobosan gerak cepat peningkatan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan air tawar dengan membentuk kelompok budidaya ikan.

”iya kita membentuk satu kelompok saja untuk langkah awal dimasa jabatan kami selaku anggota BPD nanga suhaid, nanti jika pengelolaan berjalan sesuai harapan, tentu kami akan membentuk kelompok lagi disetiap dusun, saat ini anggota kelompok adalah perwakilan warga pisang jambu dan harapan kita bahwa bumdes nanga suhaid nantinya akan mengakomodir hal ini dalam pemasaran, baik itu melibatkan PKK dalam pengolahan menjadi kerupuk kering maupun dipasarkan langsung dipasar minggu. Alhamdulillah hari ini kita sudah serahkan proposal ke dinas perikanan dan kita akan lakukan koordinasi juga dengan anggota DPRD kapuas hulu, mudah – mudahan segala upaya kita diberikan kelancaran oleh Allah swt.” jelasnya. ( 4/1/2021).

Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu Sulaiman mengatakan bahwa penyuluh perikanan adalah kendala saat ini.

”Pengadaan seperti bibit ikan memang merupakan tugas kami dan kami sambut baik keinginan masyarakat, nanti kita akan berkoordinasi dengan anggota DPRD terkait hal ini, serta kita juga akan membahas tentang pengadaan tenaga penyuluh perikanan, kita upayakan setiap desa ada penyuluh, karena saat ini kita hanya memiliki dua orang penyuluh, dan itupun penyuluh pusat, ini kendala kita selama ini dalam upaya pembinaan, tapi kami tetap semaksimal mungkin melakukan pembinaan terhadap kelompok yang ada.” ungkapnya.