Pembinaan Konstruksi di Desa Rantau Kalis Kecamatan Kalis

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.  – Dinas PUBMSDA kembali melanjutkan program kerjanya yaitu pembinaan konstruksi Tingkat desa tentang perencanaan campuran dan mutu beton. Sesuai arahan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) semua kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Pembinaan konstruksi kali ini, dilakukan di Desa Rantau Kalis di Kecamatan Kalis, jumat (9/10/2020). Tiba di Desa Rantau Kalis tim pembina disambut oleh Kades Yohanes Sunan Pujiadi beserta aparat desa.

Marthen selaku Kabid Jasa Konstruksi mempresentasikan tentang pengertian beton, material yang baik untuk beton, tata cara membuat beton sampai kepada bagaimana merawat beton. “Beton itu campuran batu, pasir, semen dan air! Pasir yang baik itu harus pasir yang bebas dari lumpur, maksimal 5 %, jika lewat dari itu semen tidak akan bisa mengikat pasir secara sempurna”, jelas Marthen.

Acara dilanjutkan dengan praktek yang dijelaskan langsung oleh Marthen, dibantu oleh staf dan melibatkan warga agar mereka lebih paham. “Ini campuran beton dengan nilai slump 12 cm, slump harus berkisar antara 6-18 cm, jika di atas 18 cm maka kekuatan beton jauh berkurang”, kata Marten.

Di penghujung acara, Yordanus Alus Selaku Sekretaris Desa Rantau Kalis mengucapkan terima kasih kepada tim pembina karena telah datang dan berbagi ilmu.

“terima kasih sudah berbagi ilmu tentang perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton kepada desa kami, semoga ada kerja sama selanjutnya dan desa-desa lain juga mendapatkan pembinaan campuran beton yang serupa sehingga dari ADD menghasilkan Produk yang maksimal”, tutup Yordanus. (Wak)