Turunkan Populasi Nyamuk Penular DBD Dengan Pemantauan Jentik Berkala

Untuk memastikan daerah bebas dari jentik, petugas kesehatan Puskesmas Empanang rutin melakukan pemantauan jentik. Pemantauan jentik berkala itu kembali dilaksanakan, Kamis (10/9/2020) Dusun Martanjung desa Tintin Peninjau Kecamatan Empanang.

“Tujuan pemeriksaan jentik dilakukan untuk menurunkan populasi nyamuk penular demam berdarah dengue Aedes aegypti serta jentiknya dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengan PSN DBD (3M Plus) melalui Juru Pemantau Jentik Jumantik,” kata Susana, Kepala Puskesmas Empanang.

Untuk itu kata Susana, petugas kesehatan langsung mengunjungi rumah atau tempat umum untuk memeriksa tempat penampungan air (TPA), non TPA, dan tempat penampungan air alamiah.

“Baik didalam dan diluar rumah atau bangunan serta memberikan edukasi tentang PSN DBD (3M PLUS) dan pemberian Abate kepada masyarakat,” terangnya. Kegiatan dilaksanakan itu oleh  Ade Ramadhani Putra dan Jenayar di dampingi bides Desa Tintin Peninjau Nina dan kader Jumantik.