Mesin ADM Tambah Pusat Pelayanan Adminduk

Ditjen Dukcapil Kemendagri RI memberikan bantuan mesin Ajun Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Kapuas Hulu merupakan satu dari 15 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan mesin ADM. 

Kepala Dukcapil Kapuas Hulu, Usmandi mengatakan mesin ADM itu memang ada 15 secara nasional. “Kita dapat 1 dari 15 itu,” paparnya. 

Usmandi mengatakan, Dukcapil Kapuas Hulu sudah menyelesaikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan dari Dirjen Dukcapil Mendagri yang memberi ADM. “Lewat mesin ADM itu kita bisa cetak KTP, KIA, KK dan Akta. Kabar kemaren tanggal 3 September alatnya sudah dikirim,” ungkap Usmandi. 

ADM, kata dia, tidak bisa dibawa mobile melayani ke kecamatan-kecamatan. ADM harus ditempatkan disuatu tempat yang mudah dijangkau masyarakat. “ADM ini tidak boleh ditempatkan dikantor, sebab tujuannya untuk memecah masa. Cetak langsung di ADM sehingga pelayanan bisa cepat, ” terang Usmandi. 

Proses pembuatan adminduk lewat ADM ini memakai pin dan pasword. Itu nanti bisa didapat masyarakat, setelah terlebih dahulu melakukan verifikasi data ke Disdukcapil. 

ADM ini akan ditempatkan di Bank Kalbar Putussibau. Itu sudah dikomunikasikan dan pihak bank bersedia. “Penempatan itu juga arahan Bupati dan Sekda mempertimbangkan aspek pendukung mesin, serta faktor keamanan,” terangnya. 

Usmandi memastikan sudah ada Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan untuk memaksimalkan pelayanan ADM. 

“Kami sudah ada SDM yang akan fokus mengurusi ADM. Orang yang bersangkutan akan memastikan rebon dan blanko siap, sehingga mesin selalu ready untuk cetak, ” tuntasnya. (yohanes)