Camat Suhaid Minta KPM dan Pemdes Maksimalkan Perannya

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi E – HDW berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga dan pemantauan paket layanan pencegahan stunting didesa.

Pelatihan tersebut dilaksanakan digedung pertemuan Desa Nanga Suhaid, pada hari Jum’at, 21 Agustus 2020, dihadiri oleh 3 Camat, yaitu Suhaid, Semitau dan Seberuang serta jajarannya, diikuti oleh Pendamping desa, Pendamping Lokal desa, Operator dan Kader Pembangunan Manusia dari tiga kecamatan.

Dalam sambutannya, Camat Suhaid, Joko Kusmanto SH menjelaskan peran KPM dan pemerintahan desa masih belum maksimal ditengah masyarakat.

Berdasarkan kajian kami, peran serta kader pembangunan manusia masih belum maksimal dan belum dimaksimalkan oleh pemerintahan desa, seolah – oleh KPM berjalan sendiri, padahal tugas KPM mendukung program kerja pemerintahan desa itu sendiri,

“Salah satu contoh dimasa pandemi ini peran serta KPM sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan memaksimalkan program pemerintah pada adaptasi kebiasaan baru (New Normal), dan contoh lainnya yaitu stunting yang menjadi permasalahan yang harus kita hadapi, bahkan Kabupaten Kapuas Hulu, ada lima kecamatan menyumbang rekor staunting, dan memerlukan perhatian serius KPM karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu kami meminta agar KPM dan pemerintahan desa bersinergi sikapi hal tersebut.” Jelasnya.