Kendala Internet, Tak Surut Semangat PPD Laksanakan Tugas Pengawasan Pilkada

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Suhaid. Salah seorang Panitia Pengawas Pemilihan Desa di lingkungan Panwascam Suhaid, Fery, berupaya menjalankan tanggung jawab semaksimal mungkin meski jaringan internet terbilang susah didapatkan, namun tak menyurutkan semangatnya mendedikasikan diri mengawasi tahapan pilkada kapuas hulu 2020.

Saat ini kita berada pada zaman di mana internet menjadi kebutuhan primer manusia. Mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet. Karena manfaat internet adalah sebagai alat konektivitas, komunikasi dan berbagi.

Di desa Jongkong Hulu kecamatan suhaid, Fery, melakukan segala upaya agar bisa mendapatkan titik internet untuk melakukan komunikasi kepada Panwascam Suhaid, baik dalam menerima instruksi pengawasan tahapan pilkada, maupun menyampaikan laporan hasil pengawasannya.

”Seperti inilah pak saat kami mencari signal”. Katanya seraya menunjukkan caranya di tiang yang biasanya digunakan untuk bendera. Kamis (13/8).

Saat ini dalam masa pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Tentunya sangat penting memastikan hak masyarakat menjadi pemilih. Hal tersebut dalam memastikan pemilihan berkualitas dengan meningkatnya partisipasi publik meskipun dimasa pandemi covid-19.

Fery mengatakan bahwa di desa jongkong hulu memang cukup sulit untuk mendapatkan akses jaringan internet. ”Kadang saya pinjam tiang antena tetangga, kadang juga ke ujung desa.” Katanya.

Desa Jongkong Hulu dan dibeberapa desa yang jauh dari pusat kota kecamatan suhaid belum sepenuhnya terlayani fasilitas internet.