Pembinaan Perpustkaan Desa Menaren Oleh Disperpusip

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca, Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya mendekatkan Masyarakat dengan perpustakan. Salah satu program yang dirancang dengan mendirikan perpustakaan desa/kelurahan di beberapa desa yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan pembinaan di Desa Menaren Kecamatan Mentebah, selasa (11/8/2020). Pembinaan tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Perpustakaan dan beberapa Staf Bidang Perpustakaan. Kegiatan dihadiri petugas yang mengelolah perpustakaan dan seluruh perangkat desa di ikut seertakan dalam kegiatan pembinaan.

Tujuan dilakukannya pembinaan yaitu untuk mengajarkan tata cara pengelolaan dan pengembangan Perpustakaan Desa, membangun kembali komitmen Kepala Desa dalam pengembangan Perpustakaan Desa, serta memberikan pemahanan kepada desa-desa betapa pentingnya perpustakaan untuk lingkungan Desa serta pengolahan yang baik terhadap perpustakaan akan meningkatkan kualitas desa itu sendiri.

Materi yang di sampaikan antara lain tentang pengelolaan Perpustakaan Desa, tata cara mengelolah perpustakaan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku mulai dari pengolahan buku hingga proses adminsitrasi yang harus dilakukan di perpustakaan, kemudian menjelaskan betapa berperannya perpustakaan terhadap suatu Desa.

Kegiatan pembinaan tidak hanya memberikan penjelasan tentang pengelolaan perpustakaan tetapi memperaktekan tata cara pengolahan buku perpustakaan yang baik dan benar, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapaus Hulu juga memberikan benner tentang meningkatkan minat baca.

Selanjutnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengharapkan melalui perpustakaan desa, masyarakat lebih ditekankan pada sistem layanan informasi guna meningkatkan minat baca dan kemampuan diri melalui sumber belajar dan informasi yang tersedia.

Secara umum pengelolaan Perpustakaan Desa masih perlu ditingkatkan, baik dari segi kelengkapan administrasi perpustakaan desa, pengolahan bahan pustaka, penyelenggaraan layanan, promosi perpustakaan, dan penyelenggaraan kegiatan pelibatan masyarakat di Perpustakaan Desa.

Berita Lainnya

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy