USPIK SUHAID HADIRI PENYALURAN BLT DANA DESA MENSUSAI

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Unsur Muspika Kecamatan Suhaid menghadiri penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa di Kantor Desa Mensusai yang dipimpin oleh Kepada Desanya, Jeni, pada hari Selasa (30/6).

Menurut Sekdes Mensusai, Erikson Lionardo SE, penetapan 42 calon penerima manfaat BLT Dana Desa Mensusai melalui musdes.

Dari hasil Musdes, memang terjadi pembaruan data calon penerima manfaat BLT Dana Desa sebelumnya, tentunya pembaruan tersebut dengan melihat beberapa faktor, maka data finalnya 42 kepala keluarga yang kita salurkan hari ini.” Ungkap Erikson.

Pandemi Covid-19 datang dengan membawa berbagai macam dampak. Tidak hanya dampak kesehatan, tetapi juga dampak sosial dan ekonomi. Pada sisi lainnya, kemampuan masyarakat memiliki keterbatasan menghadapi dampak ini semua. Sehingga pemerintah membuat kebijakan sebagai jaring pengaman sosial, salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Melalui regulasinya, pemerintah mengatur tentang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di masa pandemi covid 19, seperti Peraturan Menteri Desa PPDT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa, PPDT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan terbaru yaitu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Hal tersebut bertujuan tidak hanya agar pemerintahan desa dalam proses penyaluran tepat sasaran, tetapi juga melalui BLT yang bersumber dari dana desa tersebut bisa membantu masyarakat miskin yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19.

Pembagian BLT-DD di Desa Mensusai berlangsung lancar, dengan tetap memperhatikan serta berpedoman pada protokol kesehatan.