Program TMMD Imbangan Dilaksanakan di Desa Abau

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan Kodim 1206/Putussibau bekerjasama melakukan program Tentara Manunggal Membangun Desa di Desa Abau, Kecamatan Batang Lupar. Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir dan Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyarudin menandatangani kerjasama pelaksanaan TMMD Imbangan tersebut di Markas Kodim setempat, Selasa (30/6/2020).

Dalam sambutannya Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyaruddin menuturkan bahwa penandatanganan tersebut adalah tanda program dijalankan. Kegiatan tersebut agak berbeda, biasanya dilaksanakan di lapangan dimana lokasi kegiatan, akan tetapi saat ini berbeda karena pengaruh protokol kesehatan terkait Covid-19. “Ini karena covid 19 kegiatan dilaksanakan terbatas dengan protokol kesehatan. Tidak seperti biasanya di lapangan dan lokasi sasaran kegiatan dengan melibatkan banyak orang,” papar Dandim.

Dandim mengatakan tahun 2020 ini merupakan program TMMD ke 128. Untuk Kapuas Hulu sendiri tahun ini disebut dengan TMMD imbangan. “Kita sebut ini TMMD Imbangan karena murni dananya dari Pemda Kapuas Hulu. TNI melalui kegiatan ini membantu Pemda Kapuas Hulu untuk mempercepat pembangunan di desa Ambau,” tegasnya. 

Menurut Dandim, percepatan pembangunan wajib dilakukan di daerah terpencil agar dapat mengejar kesejahteraan masyarakat. Khusus kondisi lokasi sasaran TMMD imbangan ini yaitu Sungai Abau, Kecamatan Batang Lupar, itu memang kondisi jalan menuju betang pertama, kedua dan berikutnya itu sangat sulit. “Semoga dengan program ini jalan terbangun lebih baik bisa lancar. Namun kami sangat membutuhkan dukungan pihak desa, kecamatan dan masyarakat setempat untuk sama-sama mewujudkannya,” ujar Dandim. 

Disisi lain, Dandim juga menuturkan apresiasinya kepada pihak desa, kecamatan dan masyarakat yang sebelumnya telah mensukseskan program TMMD. Dandim menegaskan bahwa TNI akan terus konsisten berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, seperti halnya tema TMMD kali ini yang mengangkat tema TMMD pengabdian untuk negeri.

“Kami juga berterima kasih kepada Pemda Kapuas Hulu yang sudah menganggarkan dan masyarakat yang sudah mendukung kegiatan dengan berpartisipasi aktif,” tuntas Dandim.

Penandatanganan kerjasama TMMD oleh Bupati Kapuas Hulu dan Dandim 1206/Psb turut disaksikan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu lainnya. Bahkan hadir Camat Batang Lupar serta pihak Pemerintahan Desa dan tokoh adat masyarakat desa Abau. (yohanes)