Bupati Minta Masyarakat Dukung TMMD

Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan Kodim 1206/Putussibau untuk melakukan pemerataan pembangunan di daerah pelosok seperti perbatasan Republik Indonesia dan Malaysia. Upaya tersebut dilakukan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Tahun 2020 ini TMMD di Kapuas Hulu dilaksanakan di desa Sungai Abau, kecamatan Batang Lupar.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, S.H menuturkan bahwa TMMD sangat membantu Pemerintah dalam membuka daerah terpencil yang terisolir karena susah mendapat akses ke daerah luar. Tahun ini pelaksanaan TMMD di Kapuas Hulu kurang lebih dilakukan selama sebulan di desa Sungai Abau, kecamatan Batang Lupar. 

“Kami selaku Pemerintah berharap masyarakat juga mendukung TMMDdi lapangan, dengan dukungan itu tentu memaksimalkan realisasi pembangunannya,” ujar Bupati, saat menghadiri pembukaan kegiatan TMMD di Makodim¬†1206/Psb, Selasa (30/6/2020).¬†

Bupati menjelaskan dirinya sudah mengetahui kondisi jalan menuju desa Abau tersebut. Menurutnya jalan tersebut sudah rusak dan memang perlu penanganan yang cepat melalui TMMD. “Saya sudah kesana setelah itu saya berdiskusi dengan Dandim 1206/Psb untuk melakukan pembangunan disana, kita sepakat lewat TMMD,” ujarnya.

Bupati mengatakan TMMD sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, ini ada landasan Memorandum of Understanding (MoU)nya di tingkat pusat. Tahun ini agak berbeda dari sisi anggran, karena adanya covid-19 yang membuat anggaran banyak dipangkas sehingga turut berimbas ke TMMD. “Ini tetap bisa dilaksanakan semoga anggarannya cukup. Kita berharap tahun depan bisa dilaksanakan lagi,” ucap Bupati. 

Bupati Nasir mengatakan banyak nilai positif dari TMMD, bukan sekedar mengejar percepatan pembangunan tapi juga mengangkat semangat gotoroyong di masyarakat. “Selain menumbukan semangat gotong royong, kegiatan TMMD ini juga semakin mendekatkan TNI dengan masyarakatnya,” tuntas Bupati. (yohanes)