Satgas Pencegahan Covid-19 Embaloh Hilir Evaluasi Kinerja

Puskemas Embaloh Hilir bersama tim gugus tugas pencegahan Covid-19 melakukan evaluasi kinerja, Selasa (18/5/2020).

Kepala Puskesmas Embaloh Hilir Robertus Lowe, A.Md.Kep mengungkapkan, ada beberapa kesepakatan yang diputuskan dalam rapat evaluasi Satgas pencegahan penularan Covid-19 di Kecamatan Embaloh Hilir.

“Pertama membentuk posko baru di Desa Nanga Palin dalam mencegah penyebaran virus corona. Kemudian adanya perubahan jadwal piket untuk 2 Desa dari pihak kesehatan, Kapolsek dan Koramil, selanjutnya bekerjasama dengan pihak Speed dan membuat laporan dan dokumentasi harian,” kata Kepala Puskesmas.

Dikatakannya, sampai saat ini tim Satgas pencegahan penyebaran Covid-19 Kecamatan Embaloh Hilir terus meningkatkan kewaspadaan terhadap pendatang dari luar kota.

“Terutama daerah transmisi lokal, dan zona merah serta semua warga masyarakat Embaloh Hilir,” tutur Robertus.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor desa Kecamatan Embaloh Hilir itu dihadiri sekretaris Kecamatan beserta staff, staff Puskesmas, BPD Desa Nanga Embaloh, BPD Desa Nanga Palin,

Kepala Desa Nanga Embaloh, Kepala Desa Nanga Palin, Perwakilan Koramil dan Perwakilan Kapolsek. 

Dalam rapat tersebut kata Kepala Puskesmas, pihaknya mendengarkan tanggapan dan masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari kepala Desa Nanga Palin terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kemudian untuk masukkan dari Sekretaris Kecamatan bahwa beliau menyampaikan terkait pembentukan posko baru Desa Nanga Palin atas pemantauan selaku ketua harian, yang terdapat kendala sehingga merekomendasikan biar di sama ratakan setiap desa harus ada posko,” ungkap Kepala Puskesmas.

Robert juga menyampaikan untuk persiapan APD menjadi 2 pasang setiap per desa. Kemudian ia juga mengingatkan untuk laporan harian, agar diingatkan kembali kepada semua desa dan harus melaporkannya ke pihak sekretaris Satgas.

Dalam kesempatan tersebut, Sekcam Embaloh Hilir mengingatkan kembali,  garda terdepan adalah BPD dan Perangkat Desa, kemudiam kepatuhan  penyemprotan untuk semua penumpang. 

“Untuk penyemprotan di semprot dulu,  baru diantar inilah tujuan kami,  biar kita sama rasa. Kemudian terkait Surat Bupati tentang pelaksanaan sholat idul fitri dalam proses,” ungkap Sekcam.

Sedangkan revisi relawan yang benar-benar siap dan mampu dan setiap hari ada 2 orang petugas, baik dari Petugas Kesehatan, Koramil,  Polsek dan relawan Desa disetiap Desa. 

“Untuk konsumsi sudah dianggarkan disetiap Desa,” akata Sekcam.

Sedangkan pihak Koramil dan Polsek Embaloh Hilir   juga sepakat dan komitmen dalam membantu pencegahan penyebaran Covid-19 diwilayah tersebut, terutama untuk jadwal piket yang sudah ditentukan.