Puskesmas Embaloh Hulu Lakukan Skrining Orang Datang Dari Luar Daerah

Puskesmas Embaloh Hulu melakukan skrining orang atau pelaku perjalanan dan pendatang dari luar daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di simpang 3 jalan sebelum Desa Ulak Pauk, Jumat (15/5/2020)

Kepala Puskesmas Lapianus, S.Gz menyampaikan, upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini terhadap penyebaran Covid-19, lantaran angka kasus Covid-19 ini terus meningkat.

“Kondisi tersebut membuat msyarakat untuk selalu siap siaga dalam mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 di wilayah Kecamatan Embaloh Hulu,” ungkap Lapianus.

Dikatakannya, salah satu upaya dari relawan Desa yang ada disetiap Desa atau Dusun diWilayah Kecamatan Embaloh Hulu yaitu membuat Portal di simpang jalan atau halte yang sudah tersedia di depan kampung atau Dusun. 

“Ada beberapa Dusun atau kampung yang sudah menerapkan piket  dipos penjagaan  portal atau halte yaitu  Desa Ulak Pauk, Dusun Mungguk, Dusun Sei Utik, Dusun Kelayam dan beberapa Dusun yang lainnya,” paparnya.

Terkait skrining yang dilakukan petugas kesehatan Puskesmas, Lapianus mengatakan bertujuan untuk membantu pengecekan apakah pelaku perjalanan atau pendatang tersebut mengalami gejala atau keluhan yang dirasakan, sebelum berangkat dari daerah domisili maupun ketika dalam perjalanan menunju ke daerah asal.

“Sehingga bisa  melaksanakan isolasi mandiri di rumah atau bila ditemukan suhu badan yang lebih dari 38 derajat Celsius. Yang selanjutnya bisa berkoordinasi dengan  petugas kesehatan setempat,” katanya. 

Adapun kegiatan yang dilakukan tambah Lapianus, yakni mengecek suhu badan, menanyakan asal perjalan dan keperluan datang ke Desa tersebut yang dicatat dalam buku tamu.

“Adapun yang dilakukan pemeriksaan di pos penjagaan atau portal yaitu pelaku perjalanan baik dari daerah transmisi lokal maupun non transmisi lokal atau tamu yang akan berkunjung ke Desa ulak Pauk,” kata dia.

Sedangkan warga yang bersedia ikut di penjagaan, baik pria maupun wanita, kemudian di jadwalkan satu hari 2 orang yang di mulai dari jam 07.00- 21.00 WIB, namun bila sudah sepi dan tidak ada lagi yang melintas kadang dilakukan sampai jam 19.30 atau 20.00 WIB, selebihnya dari itu portal sudah di tutup. Namun bila kondisi darurat dapat menghubungi petugas setempat, agar tamu atau orang bisa masuk ke desa tersebut. 

Di pos penjagaan atau portal tersebut sudah tersedia tempat cuci tangan, tangki spayer untuk penyemperotan kendaraan bagi orang yang datang dari pontianak daerah transmisi lokal. Hadir dalam kegiatan Camat Embaloh Hulu dan petugas piket harian.