Bantuan APD Ke Gugus Tugas Covid-19 Kapuas Hulu

Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) terus disalurkan berbagai pihak ke Posko dan pusat informasi Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu. Diantaranya dari DPD RI, Bank Kalbar dan Pemuda Melayu yang disalurkan pada Selasa (12/5) pagi. Hal tersebut adalah dukungan bersama untuk mengatasi pandemi virus corona (Covid-19) di Kabupaten Kapuas Hulu.

Penyerahan bantuan APD tersebut disaksikan langsung oleh AM Nasir, Bupati Kapuas Hulu sekaligus ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu. Hadir juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Abang M. Nasir dan jajaran.

“Hari ini kita menerima bantuan berupa APD dari Pemuda Melayu Kabupaten Kapuas Hulu, kemudian dari DPD RI dan Bank Kalbar cabang Putussibau,” kata AM Nasir.

Bupati merinci bantuan tersebut tidak hanya diserahkan oleh penyumbang ke Posko dan Pusat Informasi Covid-19, tapi ada juga ada yang langsung disebar ke Kecamatan.

“Dari Pemuda Melayu ada 300 APD, 30 ke Polres, 50 ke Rumah Sakit Semitau, 50 ke Puskesmas Putussibau Selatan, selebihnya di Posko. Ini sumbangsih dari pemuda melayu,” jelas AM Nasir.

Sedangkan bantuan dari DPD RI yang diserahkan langsung oleh Anggota DPD RI perwakilan Kalimantan Barat Ny. Erlinawati sebanyak 100 APD, itu diserahkan semua ke Posko Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu. 

Kemudian dari Bank Kalbar cabang Putussibau juga sebanyak 100 APD, dengan rincian 50 APD diserahkan ke Posko Covid-19 dan 50 APD diserahkan ke RS Semitau.

Bupati Kapuas Hulu dua periode ini menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian berbagai pihak yang selama ini telah berkontribusi dalam pencegahan penanganan Covid-19 di Bumi Uncak Kapuas.

“APD ini sangat berguna terutama bagi tenaga medis yang berada di garis depan dalam penanganan Covid-19, mereka harus mendapat perhatian khusus, sehingga langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 bisa lebih maksimal,” pungkas Nasir.

Sementara itu, Ketua Pemuda Melayu Kabupaten Kapuas Hulu Hairudin menyampaikan, setelah melakukan koordinasi diinternal organisasi, maka sepakat untuk membantu APD, guna percepatan pencegahan penanganan Covid-19.

“Kita terus dukung tenaga medis dalam menangani Covid-19, ini memang perlu kepedulian kita bersama, sehingga wabah ini cepat berakhir,” harap Hairudin.

Legislator Partai Amanat Nasional yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu ini mengharapkan, bantuan APD dari pemuda Melayu Kapuas Hulu ini bisa bermanfaat bagi para tenaga medis dan gugus tugas pencegahan Covid-19 yang sampai saat ini terus bekerja dalam penanganan pandemi virus corona.

“Kita terus berupaya, berkeinginan membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 ini,” tuntas Hairudin yang juga didampingi Wahyu Hidayat Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikesempatan yang sama, Anggota DPD RI Dapil Kalbar Erlinawati menyampaikan sebelumnya pihaknya juga telah menyalurkan bantuan APD dibeberapa daerah, termasuk di RS Semitau.

“Kemudian hari ini kita masih dukung berupa bantuan APD ke Posko Covid-19 Kabupaten Kapuas,” kata Erlinawati.

Menurutnya, pencegahan penyebaran Covid-19 Kapuas Hulu perlu keterlibatan dan sinergitas dari berbagai pihak, sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa lebih mudah.

“Kita apresiasi atas tim gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu, saya lihat cukup intensif upaya-upaya yang dilakukan selama ini. Kita berharap bersama, semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (yohanes)