Puskesmas Boyan Tanjung Cek Kesehatan ODP

Puskemas Boyan Tanjung melaksanakan pelacakan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) yang diketahui baru pulang dari negara luar tertular Virus Corona (Covid-19), Senin (23/3/2020). Pelacakan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Puskesmas Boyan Tanjung, dokter Puskesmas, staf Puskesmas, bersama anggota Polsek Boyan Tanjung ke rumah warga yang masuk dalam ODP.

“Kita melacak masyarakat diwilayah Kecamatan Boyan Tanjung yang pulang dari negara tertular Covid 19, yakni Malaysia maupun dari wilayah di Indonesia yang terular,” terang Kepala Puskesmas.

Kepala Puskesmas menceritakan, kegiatan yang dilaksanakan bermula dari laporan masyarakat, dan pemerintah desa setempat, bahwa ada masyarakat di daerahnya yang datang baru datang dari negara daerah tertular.

“Kemudian kita ambil langkah cepat, langsung tindaklanjuti bersama Polsek Boyan Tanjung dengan mengadakan kunjungan rumah orang tersebut,” tutur Kepala Puskesmas.

Lebih lanjut ia mengatakan, kgiatan ini merupakan bentuk surveylens aktif untuk melacak dan menemukan sejak dini masyarakat yang berada di beberapa desa di Kecamatan Boyan Tanjung yg pulang dari negara atau wilayah tertular Covid-19.

“Terutama apabila mengalami masalah kesehatan, sehingga ODP dapat diketahui sejak dini, dengan demikian dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan terhadap penularan Covid-19, khususnya di Kecamatan Boyan Tanjung ini,” imbuhnya.