Puskemas Puring Kencana Adakan sosialisasi koordinasi dan pembentukan tim Kecamatan cegah Covid-19

Guna membuat langkah cepat pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus Corona di wilayah perbatasan, Puskemas Puring Kencana melaksanakan sosialisasi, koordinasi dan pembentukan tim Kecamatan cegah Covid-19, Jumat (20/3/2020).

Plt. Kepala Puskemas Puring Kencana mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar pencegahan melalui lintas sektor, terhadap bahaya ancaman kesehatan dari Virus Corona (covid-19) bisa lebih optimal.

“Kita bersama lintas sektoral kecamatan Puring Kencana terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 ini,” ungkapnya.

Plt. Kepala Puskesmas juga mengingatkan masyarakat agar tetap tenang, dan mematuhi himbauan yang disampaikan pemerintah, karena samai saat ini petugas kesehatan bersama lintas sektoral terus berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Corona itu.

Sementara itu, Camat Puring Kencana Agustinus Sargito, S. Sos mengharapkan, lintas sektor dan masyarakat agar terus berpartisipasi, dan dapat melakukan kerjasama dengan masyarakat perbatasan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid -19 virus corona.

“Pencegahan penyebaran virus Corona ini butuh kepedulian kita bersama, seluruh elemen masyarakat, maka himbauan-himbauan yang disampaikan Pemerintah harus dipatuhi,” tegas Camat.

Selain lintas sektor, Kecamatan, Puskemas, Polsek, dan Koramil, hadir juga pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada diwilayah Puring Kencana. Kegiatan dipusatkan di Aula Kantor Camat Puring Kencana, dengan jumlah 18 peserta.

Adapun narasumber, diantaranya  Camat Puring Kencana, Plt. Kepala Puskesmas Puring Kencana, Polsek Puring Kencana, Danramil Puring Kencana dan pengelola Farmasi Puring Kencana

Sedangkan point dari materi yang disampaikan diantaranya masyarakat perbatasan di edukasi untuk mengetahui apa itu virus Corona (Covid-19), kemudian mengenal adanya tanda dan gejala Covid-19, selanjutnya hindari yang menghadirkan banyak orabf seperti pertemuan-pertemuan dan keluar rumah seperlunya saja.

Kegiatan juga dibarengi dengan praktek langsung atau Demo CTPS (cuci tangan pakai sabun), demo etika batuk yang benar, menggunakan masker yang benar.

Apabila ada masyarakat yg mengalami ciri-ciri seperti tanda dan gejala dari Covid-19, maka segera  memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas Puring Kencana.

Jika ada ditemukan orang dengan ciri-ciri dari tanda dan gejala dari Covid-19, segera di arahkan melaporkan diri ke Posko/SatGas Covid- 19 Kecamatan Puring Kencana.