Pencegahan Covid-19 Jangan Tunggu Komando

Mewabahnya Coronavirus Disease (Covid-19) mengakibatkan berbagai sektor pembangunan dan ekonomi turut terkendala. Pemerntah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu telah membentuk gugus tugas pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Gugus tugas tersebut dibentuk Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH untuk bergerak cepat mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan untuk mengantisipasi dampak permasalahan Covid-19.Bupati menegaskan kepada Gugus Tugas dan para OPD di lingkungan Pemda Kapuas Hulu untuk inisiatif. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, segera dilakukan tanpa menunggu perintah. “Semua OPD jangan tunggu komando. Apa yang diperlukan dalam mengatasi wabah ini lalukan yang terbaik. Apa yang bisa kita kerjakan, kita kerjakan,” tegas Bupati saat menghadiri kegiatan di Bappeda, belum lama ini.

Bupati mengatakan koordinasi ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Pusat, harus terus dilakukan. Agar daerah segera mendapatkan kebutuhan yang diperlukan, baik dari sisi regualasi ataupun hal lainnya. “Apa yang diperlukan dan kita tidak mampu penuhi, bisa dikomunikasikan ke Pemprov Kalbar atau Pemerintah Pusat,’ ujarnya.

Bupati juga mengatakan terkait masalah Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan harus terus diupayakan pemenuhannya. Sementara waktu, tenaga kesehatan gunakan yang ada dan lakukan pelayanan yang baik. “Kita memang kesulitan APD, namun kita harus bekerja dengan baik,” ucap Bupati.Bupati menambahkan, pihaknya telah membuat beberapa kebijakan untuk mencegah wabah Covid-19 di Kapuas Hulu. Salah satunya menerapkan ketentuan physical distancing dengan menginstruksikan ASN berkerja dari rumah.

“Untuk ASN, untuk Eselon IV, Guru dan Staff kerjanya dirumah sedangkan tenaga kesehatan dan yang lain tetap ngantor,” ucapnya. Bupati juga mengharapkan dukungan dari lembaga legislatif, agar turut mendukung Pemda dalam pencegahan Covid-19. Baik itu dari sisi kebijakan dan sosialisasi ke masyarakat dalam penerapan psycal distancing. “Kepada DPRD Kapuas Hulu, saya juga minta tolong, bantu Pemda dan juga himbau ke masyarakat,” tuntas Bupati. (yohanes)