Cegah Covid-19, Lintas Sektoral Embaloh Hilir Tingkatkan Koordinasi

Langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Embaloh Hilir terus menjadi fokus lintas sektoral di wilayah tersebut.

Rabu (25/3/2020), Lintas sektoral Kecamatan Embaloh Hilir melaksanakan Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Satgas Siaga Cegah Tangkal Covid-19. Rakor dipimpin langsung oleh camat Embaloh Hilir Candra Ardiansyah, S.Sos.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Puskemas setempat dihadiri juga Kepala Puskesmas Embaloh Hilir Robertus Lowe, A.Md.Kep, Polsek, Danramil serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Embaloh Hilir Candra Ardiansyah menyampaikan, maksud kegiatan tersebut yakni untuk menggerakan seluruh lintas sektoral dan elemen masyarakat agar bersama-sama mencegah masuknya virus corona.

“Kita terus mengupayakan seluruh elemen dan lintas sektoral dapat bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penularan virus corona yang saat ini tengah mewabah diberbagai wilayah,” ungkap Camat.

Ia mengharapkan agar masyarakat tidak panik, namun demikian harus senantiasa waspada dan melaksanakan himbauan pemerintah yang telah disampaikan sebelumnya.

Kepala Puskesmas Embaloh Hilir Robertus Lowe, A.Md.Kep menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kerjasama lintas sektor di Embaloh Hilir dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Tanpa dukungan lintas sektoral, tentu kita tidak bisa berbuat banyak. Kita dari Puskesmas, segenap tenaga kesehatan yang ada kita maksimalkan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19,” ucap Robertus Lowe.

Serangkaian dengan Rakor tersebut, dilaksanakan pula sosialisasi kepada peserta, guna memahami tentang Covid-19. Sosialisasi disampaikan oleh dr.Mega Heksana Devi.

Dengan demikian,Lintas Sektoral memahami langkah yang harus di ambil dalam upaya cegah tangkal COVID-19.

“Kita juga mengedukasi dan memberikan penjelasan terhadap istilah-istilah tentang penanganan Covid-19, baik itu ODP dan PDP, perbedaan ODP dan PDP,” terang Mega.

Selain itu menjelaskan tentang Sosial Distancing yang terus dihimbau agar ditaati oleh masyarakat. Kemudian kata dr. Mega, bersama-sama mengawasi keluar masuk orang di Kecamatan Embaloh Hilir.

“Dan melaporkan setiap masyarakat yang di curigai menjadi ODP, dan melaporkan ke Puskesmas Embaloh Hilir,” tuntas Mega.