Cegah Covid-19 Lintas Sektor Kecamatan Batang Lupar Gelar Rakor

Puskesmas bersama lintas sektoral di Kecamatan Batang Lupar melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap penularan Covid-19 atau virus Corona, Rabu (25/3/2020) Rapat digelar di Aula kantor Kecamatan setempat, dengan dihadiri 45 peserta, baik pihak kecamatan, Puskesmas, Polsek, Koramil dan perwakilan elemen masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Batang Lupar menyampaikan bahwa Rakor tersebut guna menjalin kerjasama lintas sektoral dalam Pencegahan Covid – 19 di Kecamatan Batang Lupar. 

“Mengingat saat ini wabah virus Corona masih melanda sejumlah daerah di Indonesia, maka kita perlu langkah – langkah antisipasi,” ucap Kepala Puskesmas.

Pada kesempatan yang sama, Camat Batang Lupar H. Ilhamsyah Ugen SH. MM menyampaikan, agar seluruh lintas sektoral terus meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pencegahan Covid-19 ini.

“Kita terus menggerakkan seluruh lintas sektor dan elemen masyarakat dalam pencegahan dan kewaspadaan terhadap Covid- 19,” ungkap Camat.

Ugen begitu Ilhamsyah Ugen biasa disapa¬†menghimbau kepada kepala desa agar melaporkan warganya yang berkunjung keluar negri ke pada Polsek, Danramil dan Kepada Puskesmas. “Sehingga mudah dalam pemantauan, dan kita bisa dengan cepat melakukan langkah-langkah antisipasi. Kita berharap masyarakat jangan panik, namun tetap waspada menjaga kebersihan, mendengarkan himbauan Pemerintah,” pesan Ugen.

Dalam pertemuan koordinasi tersebut, dilaksanakan Sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 yang disampaikan oleh dr. Jenny Ismyati dari Puskemas Batang Lupar, diantaranya menyampaikan materi tentang Covid – 19, kemudian tentang etika batuk.

Selain itu cara mencuci tangan, serta cara menggunakan masker. Kemudian dr. Jenny mengajak Lintas Sektor terus bekerjasama dalam Pencegahan Covid-19.