Puskemas Semitau dan Lintas Sektoral Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Sosialisasi tangkal Virus Corona (Covid-19), pada masyarakat Semitau terus menjadi fokus dari lintas sektor di kecamatan setempat. Mengingat saat ini tengah melanda sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia.

Kepala Puskemas Semitau Saleh, Amd.Kep menyampaikan maksud dilaksanakan kegiatan agar seluruh masyarakat dapat memahami dan  mengerti akan bahaya ancaman kesehatan dari Virus Corona (covid-19) yang tengah mewabah.

“Kegiatan dengan sasaran tempat-tempat umum, seperti pasar, penginapan, pusat perbelanjaan dan ruang publik yang biasa ramai dikunjungi warga,” terang Saleh yang juga didampingi Mei Bobihu, S.KM pengelola Promkes Puskemas Semitau.

Titik kumpul kegiatan dipusatkan di Kantor Camat Semitau, yang juga menjadi posko tim gugus tugas di kecamatan dalam pencegahan penyebaran virus Corona.

Dalam sambutannya, Camat Semitau Wan Meiyadi, S.AP menyambut baik dilaksanakan kegiatan tersebut, menurut camat hal itu penting dalam upaya mengedukasi masyarakat untuk pencegahan virus Corona. Senada disampaikan Kapolsek Semitau, Koramil Semitau, mereka berharap masyarakat bisa mentaati himbauan yang disampaikan lintas sektor Kecamatan Semitau dalam mengahadapi penyebaran virus Corona yang tengah mewabah.

“Dengan adanya kegiatan Patroli sosialisasi ini, diharapkan lintas sektoral, kerjasama sehingga masyarakat memahami dan  mengerti pencegahan dan dampak dari virus Corona COVID-19,” ucap Camat.

Camat berharap, seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dan dapat melakukan kerjasama dengan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 itu.                                                                  

Masyarakat mengetahui apa itu virus Corona atau biasa disebut Covid-19, kemudian masyarakat hendaknya mengenal adanya tanda dan gejala Covid-19, selanjutnya masyarakat diingatkan untuk menghindari yang menghadirkan banyak orang, seperti pertemuan-pertemuan dan keluar rumah seperlunya saja.

Masyarakat juga diedukasi PHBS dengan melakukan praktek CTPS, kemudian menggunakan masker dengan baik. Selanjutnya apabila ada masyarakat ada mengalami ciri-ciri seperti tanda dan gejala dari Covid-19, segera  memeriksakan diri ke Tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas Semitau dan RSUD Semitau. Selain itu  jika ada ditemukan orang dengan ciri-ciri dari tanda dan gejala dari Covid-19, segera diarahkan melaporkan diri untuk pemeriksaan ke Satuan Tugas (SatGas) Covid-19 Puskesmas kecamatan Semitau.