DPD PPNI Sebar Paket Imunitas Untuk Tenaga Kesehatan Dinkes Kapuas Hulu

Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Kapuas Hulu memberikan dukungan berupa Sebar Paket Imunitas kepada petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan di Bandara Pangsuma Putussibau, Sabtu (21/3/2020). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPD PPNI Kapuas Hulu Ns. Joni Cahyadi, S.Kep beserta jajaran pengurus. Dalam keterangan yang disampaikan oleh Joni, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan PPNI terhadap tenaga kesehatan yang bertugas di garis terdepan, dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 atau yang dikenal luas dengan Corona virus. 

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan Sebar Paket Imunitas yang terdiri dari suplemen serta  makanan dan minuman tambahan bagi tenaga kesehatan yang bertuugas di garis depan seperti bandara, IGD RSUD dr. Achmad Diponegoro dan PLBN Badau,” terang Joni Cahyadi.

Selain itu kata dia, pihaknya juga memberikan paket imunitas harian kepada perawat yang bertugas merawat pasien dalam pengawasan di ruang isolasi RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau.

“Melalui kegiatan ini diharapkan tenaga kesehatan yang bertugas tetap terjaga kesehatannya dan mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab,” ucap Joni.

Ditambahkan Joni, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan terutama untuk petugas yang menangani pasien secara langsung.

Joni juga menghimbau, bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh Indonesia pada umumnya agar mematuhi himbauan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. 

“Kami berharap semua lapisan masyarakat untuk mematuhi himbauan dari pemerintah untuk mengisolasi kan diri dengan cara tidak beraktifitas diluar rumah terutama bagi yang baru pulang dari bepergian dan kontak dengan orang bepergian ke daerah lain,” saranya.

Kemudian lanjut Joni, selalu menjaga kebersihan tangan dengan Cuci Tangan Pakai Sabun, serta menjaga kesehatan dengann mengkonsumsi gizi seimbang dan berjemur di sekitar rumah pada jam 8-10 pagi.

Bantuan paket imunitas dari DPD PPNI tersebut diterima langsung oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas hulu yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Ade Hermanto, SKM yang didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Khusus dan Rujukan Suhardiyanto, SKM, M.Si.  

Pada kesempatan yang sama, Ade Hermanto juga menyampaikan apresiasinya bagi DPD PPNI. 

“Yang pasti kami sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman PPNI yang merupakan salah satu petugas sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19,” tutur Ade Hermanto.

Ucapan terima kasih Ade sampaikan pula untuk mereka yang sudah mau memikirkan dan berbuat terhadap petugas kesehatan lain, dengan membagikan makanan dan minuman serta suplemen agar para petugas kesehatan, khususnya yang bertugas di bandara Pangsuma Putussibau tetap terjaga staminanya dalam melakukan kegiatan pemeriksaan seluruh penumpang yang datang ke Putussibau di pintu kedatangan Bandara Pangsuma.

Ade juga berharap kepada PPNI dan seluruh pihak yang ada agar terus mendukung segala langkah yang dilakukan Pemerintah dalam menangani dan mencegah penyebaran wabah COVID-19. 

“Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan bisa menjadi inspirasi bagi stakeholder dan organisasi lainnnya. Khusus untuk Organisasi PPNI dalam menerapkan ilmu keperawatan akan lebih maju lagi, serta dapat melayani masyarakat dengan ikhlas dan sabar. Semoga profesi perawat akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah baik dari pusat, propinsi ataupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” pungkasnya.