Dinkes Kapuas Hulu Persiapkan Skrining Kesehatan Jalur Darat

Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu telah mengambil sejumlah kebijakan terkait dengan permasalahan Corona Virus Disease (Covid-19). Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH telah membentuk gugus tugas penanggulangan covid-19 tersebut di Bumi Uncak Kapuas.

Adapun langkah antisipasi covid-19 yang telah berjalan, salah satunya adalah skrining kesehatan di Bandara Pangsuma Putussibau yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Selanjutnya akan ada wacana melakukan kegiatan serupa untuk jalur darat, hal tersebut tengah dipersiapkan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kapuas Hulu, Ade Hermanto mengatakan saat ini proses skrining di Bandara Pangsuma Putussibau masih tetap berjalan. Sumber daya manusianya masih menggunakan tenaga kesehatan di Dinkes Kapuas Hulu. “Kita masih terus bekerja untuk masyarakat, ini kami bergerak tidak ada honor karena terbatas anggaran,” ujarnya via telpon, Senin (23/3/20).

Ade juga membenarkan bahwa ada wacana untuk turut melakukan skrining kesehatan bagi masyarakat pengguna jalur darat dari luar yang masuk ke kabupaten Kapuas Hulu. Namun, pelaksanaannya berada dibawah Gugus Tugas Covid-19 yang dibentuk oleh Bupati Kapuas Hulu. “Ini nanti dibahas bidang pengdalian oprasional di gugus tugas,” paparnya.

Ade menjelaskan dalam upaya skring kesehatan jalur darat tersebut tetap melibatkan tenaga kesehatan. Kemungkinan tenaga kesehatan yang terlibat di skrining darat tersebut adalah tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas. “Kita akan libatkan pihak puskesmas dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Ade mengatakan, salah satu yang perlu dipersiapkan dalam upaya skrining kesehatan jalur darat ini adalah dukungan anggaran. Sebab itu, dimasukan dalam kegiatan gugus tugas covid-19. “Skrining kesehatan jalur darat memang belum bisa dilaksanakan saat ini, masih kita bahas dulu anggarannya. Kita berharap ini bisa dilakukan secepatnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terkait covid-19,” tuntasnya. (yohanes)