Antisipasi Covid-19, Puskemas Empanang dan Lintas Sektoral Galakan Sosialisasi

Langkah antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona di wilayah perbatasan RI – Malaysia terus menjadi fokus lintas sektoral di Kecamatan tersebut.  Di Kecamatan Empanang misalnya, Puskemas setempat bersama unsur pimpinan kecamatan melaksanakan patroli keliling sosialiasi cegah tangkal Covid-19, Minggu (22/3/2020) kegiatan dihadiri langsung Camat Empanang Donatus Dudang, Kapolsek Empanang, Danramil Empanang dan Yustianus Ramai, SKM, Pengelola Promkes Puskemas Empanang.

Pada kesempatan itu, Kepala Puskemas Empanang menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan patroli keliling itu untuk menghimbau masyarakat agar selalu wasapda terhadap bahaya penyebaran virus Corona yang tengah mewabah diberbagai belahan dunia.

“Kita harapkan melalui sosialisasi ini agar seluruh masyarakat dapat memahami dan  mengerti akan bahaya ancaman kesehatan dari Virus Corona,” kata dia.

Karenanya kata Kepala Puskesmas, lokasi yang menjadi sasaran kegiatan yakni tempat-tempat umum,  pasar, penginapan, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Sementara itu, Camat Empanang Donatus Dudang menyampaikan, dengan adanya kegiatan Patroli sSosialisasi ini, diharapkan lintas sektoral terus meningkatkan bkerjasama, sehingga masyarakat memahami dan  mengerti pencegahan dan dampak dari virus Corona.

“Saya mengharapkan lintas sektor dan masyarakat agar terus berpartisipasi dan dpat melakukan kerjasama dengan masyarakat jug, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid -19,” pesan Camat.

Yustianus Ramai, SKM, Pengelola Promkes Puskemas Empanang menyampaikan materi kegiatan diantaranya masyarakat diharapkan mengetahui apa itu virus Corona, kemudian mengenal adanya tanda dan gejala Covid -19, selanjutnya masyarakat diharapkan hindari yang menghadirkan banyak orang seperti pertemuan-pertemuan, dan keluar rumah seperlunya saja. 

“Dalam kegiatan juga kita lakukan langsung praktek CTPS, cara menggunakan masker dengan baik. Kemudian apabila ada masyarakat mengalami ciri-ciri seperti tanda dan gejala dari Covid-19, segera  memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan atau Puskesmas Empanang,” pesan Yustinus Ramai.

Tak hanya itu jika ditemukan orang dengan ciri-ciri atau dari tanda dan gejala mengarahkan ke Covid-19, segera melaporkan diri untuk pemeriksaan ke Satuan Tugas (SatGas) Covid-19 Puskesmas Kecamatan Empanang.