Puskesmas Putussibau Selatan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Anggota Prolanis

Dalam upaya menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Puskesmas Putussibau Selatan mengadakan pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi anggota Prolanis di wilayah tersebut.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi anggota prolanis di lingkungan Puskesmas Putussibau Selatan yang diselenggarakan oleh BPJS  bekerjasama dengan Prodia dilakukan dari tanggal 17-19 Maret 2020.

Kepala Puskemas Putusssibau Selatan dr. Dasmiati Olfah menjelaskan, Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi.

“Yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien,” terangnya.

Serangkaian dengan kegiatan Prolanis juga dilaksanakan senam dan penyuluhan tentang kesehatan dari dokter Puskemas Putusssibau Selatan.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan anggota Prolanis tersebut menyasar beberapa desa di wilayah Putusssibau Selatan, diantaranya Desa Urang Unsa, Desa Sayut, Malapi dan Desa Tanjung Jati.

Dikatakan Kepala Puskesmas lagi, program pengelolaan penyakit kronis diantaranya 

Kolestrol total, IDL, Trigiliserida, Ureum, Kreatinin dan Albumin urine kuantitatif. Kegiatan tersebut diikuti antusias oleh peserta.