PENDATAAN PELAKU IKM DI KECAMATAN SILAT HILIR OLEH DISNAKERINTRANS

IKM merupakan sektor usaha yang mendominasi populasi industri dalam negeri serta berperan penting dalam pembangunan ekonomi nasional.  Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) relatif stabil.  Tidak hanya itu, kemampuan IKM untuk menyerap tenaga kerja sangat tinggi. Saat ini Dinas tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi melalui Bidang Perindustrian sedang giat-giatnya melakukan pendataan IKM dan pelaku-pelaku IKM di Kabupaten Kapuas Hulu. 

Menurut Kepala Bidang Perindustrian Hasnul Shabri, S.P., M.Sc. saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa IKM dan Pelaku-Pelaku IKM di Kabupaten Kapuas Hulu masih sangat banyak yang belum terdata. Oleh karena itu pada tanggal 8/1/2020 Disnakerintrans melalui Bidang Perindustrian melakukan pendataan pelaku IKM di Kecamatan Silat Hilir baik industri pangan, maupun industri sandang, logam, aneka dan kerajinan.  Kegiatan pendataan tersebut dihadiri oleh Personil Bidang Perindustrian, Camat Silat Hilir beserta jajarannya.

 Hasnul Shabri berharap seluruh Pelaku IKM di Kecamatan Silat Hilir bisa terdata pada Bidang Perindustrian.  Hal tersebut bertujuan agar dapat dilakukan pembinaan yang terencana, terarah, tepat sasaran dan sekaligus meningkatkan produktivitas serta kontinyuitas program kegiatan. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara DISNAKERINTRANS dalam hal ini Bidang Perindustrian, Pihak Kecamatan Silat Hilir, Desa dan Pelaku IKM agar dapat terpantau dan terbina dengan baik. 

Camat Silat Hilir, M. Munajib, S.Sos mengungkapkan bahwa pendataan terhadap IKM sangat perlu dilakukan karena dapat mengetahui potensi yang ada di desa-desa dalam wilayah Kecamatan Silat Hilir.  Beliau juga kadang sangat menyayangkan karena sering kali masyarakat mengabaikan kegiatan ini yang mungkin disebabkan oleh kekurangtahuan dan ketidakfahaman masyarakat tentang pentingnya pendataan terhadap IKM, sehingga perlu adanya upaya yang intensif untuk menggugah kesadaran masyarakat, tutupnya.