Sosialisasikan Covid-19 Dinas Kesehatan Pasang X-Banner di Beberapa Titik

Dalam rangka sosialisasi COVID-19 Dinas Kesehatan memasang X-Banner di beberapa titik. Pemasangan dilakukan mulai hari ini (16/3/2020).

Untuk penyebarluasan informasi difokuskan pada instansi pelayanan publik. Titik pemasangan X-Banner di bandara, seluruh Rumah Sakit yang ada di Kapuas Hulu, KPP PLP Badau. Kantor imigrasi, Dukcapil, Hotel Grand Banana, dan rencananya baliho akan dipasang di sekitaran bundaran Pujasera.

Sementara itu, di Puskesmas Badau, mereka publikasikan di seluruh desa wilayah kerjanya.

Harapannya, dengan penyebarluasan informasi di pelayanan publik, sebagai himbauan dan mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebarluasan Covid 19.

X-Banner tersebut berisi tentang edukasi dan informasi yang berguna bagi masyarakat yang terdiri dari cara memakai masker yang benar, 6 (enam) langkah mencuci tangan, etika batuk dan bersin, serta langkah pencegahan virus corona.

Langkah pencegahannya jangan panik, usahakan tidak khawatir berlebihan karena akan mengakibatkan stres yang membuat imunitas tubuh menurun, panik tidak menjadikan kita lebih sehat.

Lalu tidak memakai masker apabila tidak sakit, masker efektif digunakan oleh orang yang sakit. Terutama yang sedang batuk dan pilek agar tidak menularkan ke orang yang sehat.

Langkah pencegahan berikutnya ialah meningkatkan imun, dengan konsumsi gizi seimbang, beraktifitas fisik, istirahat cukup, menjaga kebersihan lingkungan. Jika sakit segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Kemudian jaga jarak, tidak bepergian ke negara yang terjangkit dan kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala, hindari menyentuh hewan atau unggas liar yang memiliki risiko menular.

Selanjutnya budayakan mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda di sarana umum, setelah beraktifitas fisik menggunakan toilet dan sebelum makan. Jika sulit menemukan air bersihkan tangan dengan cairan berbasis alkohol.

Lakukan cek kesehatan secara berkala. Mendeteksi kondisi kesehatan atau penyakit sejak dini. Sebagai tindakan pencegahan untuk menjalani hidup yang lebih lama, lebih sehat dan berkualitas. (Ria).