Air Terjun Lubuk Mantu, di kecamatan Kalis, salah satu objek wisata andalan di Kapuas Hulu

Inisiasikan Regulasi Baru Tentang Pariwisata Kapuas Hulu memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak dan beragam, mulai dari kebudayaan, alam dan bahkan kulinernya. Potensi pariwisata tersebut akan didorong melalui sebuah peraturan baru, agar kelak dapat menjadi pendongkrak kesejahteraan masyarakat dan menjadi pemasukan daerah.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso mengatakan pihaknya akan menginisiasi pembuatan regulasi pariwisata. Hal ini untuk menjalankan tata kelola yang baik bagi kepariwisataan di Kapuas Hulu. “Kita akan coba buat regulasi pariwisata. Ini untuk meningkatkan taraf hidup destenasi pariwista, ketika ada peningkatan pengunjung nantinya,” turur Sudarso, Minggu (8/3/20).

Regulasi tersebut juga mengatur tentang tata kelola pariwisata kedepannya. Suapaya pariwisata itu didorong dari berbagai sisi, seperti infrastruktur, akomodasi dan lainnya. “Dalam mengatur tentang pengelolaan, tentu perlu kerjasama dan dukungan lintas sektor,” tegasnya.

Sudarso menambahkan salah satu kekuatan dalam memajukan pariwisata adalah pemerintahan desa serta masyarakat setempat. Apabila keterpaduan terwujud, maka objek wisata itu sendiri akan tersaji dengan baik dan mengundang wisatawan. Sebab itu Pemdes setempat juga harus mendukung pembangunan pariwisata. “Dukungan Pemdes terhadap sektor pariwisata turut mendongkrak terwujudnya desa mandiri,” tuntas Sudarso. (yohanes)